PEKANBARU - Pengurus Pusat Pemuda Katolik 2021-2024 resmi dilantik di Swiss Bell Inn Hotel Jakarta, Senin (10/1/2022).

Mereka dilantik oleh Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo. Disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir, PLT Dirjen Bimas Katolik Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, Tokoh Nasional serta tamu undangan lainnya.

Pada prosesi itu, 4 kader Pemuda Katolik Komda Riau ditunjuk mengemban tugas sebagai Pengurus Pusat.

Pandapotan Sitanggang sebagai Ketua Bidang Perekonomian, Bisnis dan Investasi. Firmauli Sihaloho sebagai Wakil Sekjen Bidang Media dan Komunikasi Publik. Reynold Kurniawan sebagai Anggota Departemen Ekonomi dan Unit Kerja Bisnis. Dan Thomson Manullang sebagai Anggota Departemen Riset dan Kajian Kebijakan Publik

"Selamat berkarya kepada 4 rekan kita. Semoga mampu berkontribusi dan aktif dalam segala karyanya," ujar Ketua Pemuda Katolik Komda Riau, Lorensius Purba.

Menurutnya, kehadiran 4 kader tersebut sebagai pengurus pusat, tentu membawa efek positif bagi Komda.

"Sebab, ke depannya, komunikasi dan kolaborasi kita yang ada di daerah, Riau khususnya, dengan pusat, bisa berjalan lebih efektif," katanya.

Sementara Ketua Umum Pemuda Katolik terpilih, Stefanus Asat Gusma menyatakan kepengurusan kedepannya akan membuat berbagai terobosan.

Sesuai dengan tagline yang Dia usung, Reborn and Grow Further.

"Dalam waktu dekat, kita membuat clustering kader di setiap daerah sesuai dengan bidang kemampuan. Melalui clustering ini, diharapkan kader Pemuda Katolik nantinya bisa hadir di tengah masyarakat untuk berkontribusi," ungkapnya.

Clustering itu, lanjut Gusma berdasarkan kunjungan Dia ke beberapa Komda. Bagaimana kader Pemuda Katolik itu memiliki kemampuan dan latar belakang yang begitu beragam.

"Keberagaman inilah nantinya yang akan kita akselerasi melalui kolaborasi dan komunikasi yang baik," tukasnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan prosesi pelantikan, kemudian dilanjutkan dengan Misa Syukur dan diakhiri dengan Rapat Pleno 1.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Komisariat Daerah dan Komisariat Cabang yang tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. ***