PEKANBARU - Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020 mendatang, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Riau sudah mempersiapkan tim awal atlet kontingen Riau dari cabang olahraga (cabor) bola voli.

Tim awal yang terdiri dari puluhan atlet putra putri voli andalan Riau ini akan terus dibina serta dimantapkan untuk mengikuti pra PON XX yang akan digelar tahun 2019 mendatang di Papua. Tim ini sendiri terbagi dalam dua tim, voli indoor dan voli pasir.

Hal itu dikatakan Ketua Pengprov PBVSI Riau, H Basriman saat berbincang dengan GoRiau.com, Selasa (3/4/2018) siang di Kantor KONI Riau, Jalan Gajahmada, Kota Pekanbaru. "Total sekitar 60 atlet, 30 putra dan 30 putri," ucapnya.

Basriman menuturkan, puluhan atlet ini sudah dibagi dalam dua tim, yaitu 46 atlet untuk tim voli indoor yang terdiri dari 22 atlet putra dan 24 atlet putri. "Sedangkan untuk tim voli pasir ada 14 atlet, delapan putra dan enam putri," paparnya.

Basriman melanjutkan, 60 atlet yang telah dipilih dan ditetapkan untuk mewakili Riau pada pra PON 2019 dan PON 2020 di Papua dari cabor bola voli ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh tim pemantauan dari Pengprov PBVSI Riau sejak tahun 2017 silam.

"Dari hasil seleksi itu, kita akhirnya membentuk tim yang nantinya juga akan mengikuti pemusatan latihan (TC) awal PON untuk nantinya dimantapkan dan dimatangkan untuk menghadapi PON XX di Papua tahun 2020 mendatang," terangnya.

"Untuk nama-nama para atlet yang tergabung dalam tim bola voli ini sudah kita tentukan. Kita tinggal mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk 60 atlet ini dan untuk SK ini akan secepatnya kita keluarkan agar atlet bisa lebih fokus berlatih," sambungnya.

Masih kata Basriman, setelah mendapatkan SK, puluhan atlet tim bola voli Riau ini nantinya akan kembali menjalani seleksi dalam TC awal PON yang akan dijalani para atlet selama kurang lebih satu bulan dan kemudian dikirim untuk uji coba ke Bandung, Jawa Barat (Jabar).

"Dari hasil TC nantinya atlet-atlet ini nantinya akan kita seleksi hingga mengerucut menjadi masing-masing 12 atlet putra dan putri untuk tim voli indoor dan masing-masing dua atlet putra dan putri untuk tim voli pasir," rincinya.

Setelah tahap seleksi, 12 atlet putra dan 12 atlet putri tim voli indoor serta dua atlet putra dan dua atlet putri voli pasir akan menjalani TC penuh, termasuk pertandingan uji coba jelang pra PON 2019 di Papua.

"Kita targetkan pada pra PON 2019 nanti, tim putra/putri voli indoor maupun voli pasir kita bisa lolos ke PON XX 2020 di Papua. Tentunya kita juga berharap dukungan dari semua pihak, khususnya KONI Riau," pungkasnya.***