PEKANBARU - Para pengemudi bemo (becak motor) di Pangkalan Becak Simpang Kualu, tepatnya di Jalan Sukakarya, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau mendapat bantuan berupa paket sembako yang telah disalurkan oleh Rumah Yatim cabang Riau, Senin (6/4/2020).

Kepala Cabang Rumah Yatim, Burhan menuturkan, di tengah pandemi Covid-19, penghasilan bang becak mengalami penurunan yang sangat drastis. Pasalnya, efek lockdown di Kota Pekanbaru membuat masyarakat tak banyak berkegiatan di luar rumah.

''Imbas dari wabah Covid-19 tentunya tidak hanya dirasakan kalangan ojol, yang ofline pun merasakan. Seperti tukang becak motor yang ada di Indonesia khusus disini di Pekanbaru," terangnya.

Menyikapi hal tersebut, Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan 30 paket sembako. Burhan berharap, bantuan tersebut setidaknya bisa membuat mereka tersenyum bahagia karena ada sesuatu yang bisa mencukupi untuk kebutuhan keluarga.

"Rumah Yatim berempati kepada mereka yang saat ini lagi sulit mendapatkan tumpangan. Para tukang becak motor ini mencari uang untuk menafkahi keluarganya," tambahnya.

Salahsatu pengemudi becak motor, Sidal mengaku, sejak mewabahnya covid-19 pendapatannya menjadi merosot. Biasanya satu hari mendapat 6 kali trip, sekarang hanya satu kali trip.

''Katanya pemerintah mau melockdown, ini bagaimana. Tapi beruntunglah sudah ada bantuan dari Rumah Yatim, bagi saya ini banyak dan suatu keberkahan. Saya mengucapkan beribu terimakasih,'' tutupnya. ***