PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan tidak melakukan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

Rencana perekrutan 134 ribu pegawai hampir dipastikan batal. Untuk itu, seluruh daerah harus bersiap menjalankan roda organisasi dengan kekurangan sumberdaya manusia (SDM).

Termasuk Riau yang sudah mengantisipasi hal ini sejak awal. Dimana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana akan memberdayakan SDM atau pegawai yang ada untuk menjalankan berbagai kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh CPNS yang baru.

"Informasi ini langsung dari MenPAN-RB, tidak ada perekrutan (CPNS, red) tahun ini," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Riau, Asrizal, Kamis (23/7/2015).

Tetapi secara aturan, kata Asrizal, pihaknya telah mengusulkan kebutuhan formasi untuk menutupi kekurangan pegawai tahun 2015 ini, yakni sebanyak 970 formasi yang rata-rata diisi oleh tenaga pendidik, kesehatan dan tenaga teknis.***