JAKARTA - Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 menemui titik terang. Pembukaan program Kartu Prakerja tersebut akan diumumkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto hari ini 23 Februari 2021 pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, sejak Minggu (21/2/2021) pendaftar sudah bisa mengakses layanan untuk membuat akun kartu prakerja secara online di laman www.prakerja.go.id. Hal tersebut berdasarkan postingan resmi Instagram @prakerja.go.id.

"Sobat Prakerja, situs Kartu Prakerja sudah terbuka untuk Sobat yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun," demikian dikutip Liputan6.com. Kendati, pembukaan akses situs web ini hanya berlaku untuk pembuatan akun saja, karena gelombang pembukaan Kartu Prakerja yang akan datang masih menunggu kepastian dari pemerintah.

Dengan membuat akun dari sekarang, para calon peserta bisa meminimalisir kesulitan jaringan dan lebih siap ketika pembukaan gelombang tiba. "Dengan membuat akun, nantinya Sobat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang," jels akun instagram tersebut.

Sejauh ini, mekanisme dan teknis pelaksanaan sedang dalam tahap finalisasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dengan Komite Cipta Kerja (KCK). "Begitu sudah ada titik terang akan segera saya sampaikan," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu pada Minggu 17 Januari 2020.

Secara berkala, Manajemen Pelaksama Program Kartu Prakerja juga akan menyampaikan mengenai proses di dalam Kartu Prakerja. Baik insentif, sertifikat, penautan rekening, dan lain-lain. "Sehingga bisa lebih paham dan mengerti apa yang dialami atau dikeluhkan oleh penerima Kartu Prakerja," jelasnya. ***