PELALAWAN - Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK mengatakan bahwa khusus di Kabupaten Pelalawan telah dilakukan dua siaga, yakni siaga banjir dan siaga darurat penanggulangan kebakatan hutan dan lahan (Karlahut).

Dalam rapat koordinasi penanggulan kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) Kabupaten Pelalawan dipimpin Bupati Pelalawan, HM Harris di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (8/8/2017), Kapolres juga memaparkan struktur organisasi di dalam penanggulangan Karlahut dari Polres dan Polsek.

"Sistem yang sudah berjalan di Pelalawan adalah yang terbaik bahkan untuk se Provinsi Riau. Karena adanya keterpaduan kerja dari setiap stake holder, mulai atas sampai bawah terintegrasi dan tersistem," jelas Kapolres Kaswandi.

Mantan Pejabat Kepolisian di Dirkrimsus Polda Riau ini mengatakan pentingnya kebersamaan dalam penangulangan karlahut. Didalam pemaparannya Kapolres Kaswandi memperlihatkan kegiatan penanggulangan Karlahut oleh Polres Pelalawan, BPBP Pelalawan, Satpol PP, Muspika, Dandim serta pihak kecamatan dan Anggota Pemadam.

Hal yang menjadi perhatian khusus adalah peranan camat untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada kades dan masyarakat untuk bersama melakukan kesiagaan pemadaman dari Karlahut.

"Peranan aktif kepala desa dan  masyarakat masih kurang sehingga diperlukan untuk bersama sama dengan Polsek dan Danramil memadamkan api," ujarnya.

Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya mengatakan adanya kesepakatan antara Polres dan Dandim dalam penanggulangan Karlahut. "Soal anggaran tentunya bisa diselesaikan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Bupati Pelalawan dua periode mengaku miris kurangnya kesadaran dari kepala desa dan kurangnya peduli terhadap pemadaman api dan pencegahan Karlahut.

Ia berpesan kepada camat untuk tetap berkordinasi dengan Polsek, Kepala Des dan masyarakat. Camat diharapkan untuk turun ke lokasi kebakaran.

Bupati Harris berharap agar tidak terjadinya asap seperti ditahun 2014 lalu. "Peranan dari pihak perusahaan agar senantiasa berperan aktif didalam pencegahan dan penanganan Karlahut di Kabupaten Pelalawan," pungkasnya.

Pelaksanaan rakor juga diselingi dengan sesi tanya jawab dan pengecekan peralatan penanggulangan Karlahut dalam apel gelar Karlahut 2017 di halaman kantor Bupati Pelalawan.***