SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk penanganan dampak dari wabah virus Corona atau Covid-19. Anggaran tersebut disiapkan sebagai jaring pengaman sosial dan jaring pengaman ekonomi untuk masyarakat.

Sebagimana disampaikan Pj Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto bahwa bantuan sosial itu seperti bantuan sembako untuk masyarakat miskin. Selain itu bantuan sosial ini juga akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak virus ini.

"Sudah kita cadangkan anggaran ini untuk bantuan sosial sebesar Rp1,5 miliar dan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sembako bagi warga miskin maupun yang terdampak akibat virus ini," kata Bambang.

Dikatakan pihaknya sedang menghitung dampak sosial yang timbul akibat pandemi virus corona ini.

"Nanti apa saja yang terdampak, siapa yang terpengaruh hingga prioritas. Sesuai arahan, mereka yang butuh perhatian adalah lansia, penyandang disabilitas, orang sakit, UKM dan lainnya. Ini sudah kita arahkan ke Dinas Sosial sebagai leading sektornya, namun nanti dilihat lagi seperti apa kemampuan kita. Yang kita bagikan nanti bukan berbentuk uang namun sembako, bisa saja bekerjasama sama dengan e-Warung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," pungkas Bambang.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim mengatakan bahwa Pemkab tidak hanya memikirkan penanggulangan terhadap pandemi Corona, tetapi juga dampak sosial yang ditimbulkannya.

Dikatakan anggaran sebesar itu belumlah cukup, untuk itu Pemkab Kepulauan Meranti meminta dukungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Dan ini menjadi masalah sosial di Meranti, bahkan dari laporan kades ada warga sudah kehabisan beras. Untuk mengatasinya Pemkab Kepulauan Meranti sesuai arahan bupati sudah menganggarkan dana sebesar Rp 1, 5 miliar namun dana ini masih tidak mencukupi untuk itu kita juga berharap dukungan Pemprov Riau," kata Said.

Sementara untuk dana penanganan masalah sosial seperti pengadaan sembako untuk warga yang kehilangan pendapatan dampak dari virus Corona ini, Gubernur Riau melalui komunikasi teleconference menyarankan agar Pemkab Kepulauan Meranti tidak hanya menggunakan dana di APBD tapi juga alokasi dana Provinsi dan Pusat.

"Dana yang bisa direlokasi ke Kepulauan Meranti sebesar Rp78 Miliar. Silahkan dialokasikan untuk kepentingan penanganan Covid-19 tanpa keraguan, yang penting syaratnya jangan di mark up," pungkas Syamsuar.***