SELATPANJANG – Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 yang jatuh pada 10 November setiap tahunnya, diperingati Pemerintah Kabupaten Meranti dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan melaksanakan upacara di halaman kantor bupati Jalan Dorak Selatpanjang, Kamis (10/11/2022).

Pada upacara yang mengusung tema "Pahlawanku Teladanku" itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG, bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara yang berlangsung hikmat itu, inspektur upacara membacakan pidato dari Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini. Diantaranya menjelaskan momen peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya diharapkan tidak hanya dipandang sebagai kegiatan seremonial semata. Akan tetapi diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mengenang dan melanjutkan perjuangan para pahlawan yang berjuang untuk merebut kemerdekaan.

Perjuangan ini, tentunya menjadi pengingat betapa besar dan kuatnya persatuan para pendahulu yang saat ini harus dipertahankan di tengah ancaman dan tantangan besar di hadapan.

"Hari ini pun kita berada pada perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata berada di hadapan kita," ujar Andi Yul.

Di samping itu, lanjutnya, semangat untuk memberantas kebodohan dan kemiskinan harus senantiasa digelorakan dalam kehidupan dengan meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan untuk pengelolaan hasil bumi.

"Ayo, kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan Makmur," tambahnya.

Usai pelaksanaan upacara, rombongan bertolak untuk melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jalan Perjuangan Alahair.

Pada kegiatan ini, turut hadir Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H. Fauzi Hasan, Asisten III Setdakab, Sudandri Jauzah, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mahadi, kepala OPD, unsur TNI dan Polri, para Veteran, pimpinan Ormas, pimpinan organisasi kepemudaan, dan ASN di lingkup Pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti.***