SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung kerajinan tangan ormas Gagak Hitam Sambang Riau. Dukungan itu disampaikan Bupati Adil saat menerima kunjungan silaturahmi dari Ormas Gagak Hitam Sambang Riau, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kepulauan Meranti dan Komunitas Kicau Meranti Mania. Pertemuan tersebut berlangsung di Pendopo Pemkab Kepulauan Meranti, Minggu (9/1/2022).

Dalam silaturahmi yang juga diikuti oleh Pj Sekda Bambang Supriyanto dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Meranti itu, Mutiara Gagak Hitam Sambang Riau memperkenalkan cenderamata miniatur tanjak dan talam atau nampan yang terbuat dari kayu sisa hasil karya mereka sendiri.

"Kami berharap usaha kami ini bisa diperhatikan oleh pemerintah kabupaten dalam bentuk bantuan peralatan. Ini sebagai upaya kami dalam pengembangan UMKM di Ormas Gagak Hitam," kata Datin Mutiara Gagak Hitam Sambang Riau, Kurnia Adila.

Bupati pun menyambut baik upaya dari Gagak Hitam tersebut dengan menonjolkan ciri khas melayu berupa miniatur tanjak. Dia juga memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Meranti untuk menindaklanjuti usulan dari Mutiara Gagak Hitam itu.

"Ini bisa dijadikan cenderamata resmi dari Meranti untuk acara-acara resmi pemerintah," kata Bupati Adil.

Kedepan dia meminta karya tersebut bisa ditingkatkan lagi kualitasnya hingga memiliki nilai jual.

"Nanti tawarkan ke masing-masing OPD untuk membelinya, termasuk 101 desa dan kelurahan di Meranti. Bikin yang bagus dengan harga terjangkau," pintanya.

Sementara itu, Panglima Gagak Hitam Sambang Riau, Yusri Yano, mengucapkan terimakasih atas apresiasi bupati terhadap kerajinan tangan hasil karya ormasnya itu.

"Yang jelas kita siap memenuhi permintaan bupati untuk menyediakan cenderamata karya Gagak Hitam ini," ungkap Panglima Yusri Yano.***