BENGKALIS-Pemerintah dan masyarakat Desa Mentayan Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis menggelar silaturrahmi dan halal bihalal sekaligus pelepasan santri ke Pondok Pesantren di halaman Kantor Desa Mentayan, Rabu malam (12/6/2019).

Kepala Desa Mentayan, Jalaludin mengatakan berhubung masih dalam suasana lebaran, dirinya atas nama peribadi dan keluarga serta Pemerintah Desa Mentayan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Bila selama setahun ini seandainya ada salah dan silaf, tutur kata dan tingkah laku yang kurang berkenan di hati masyarakat Desa Mentayan, mohon dimaafkan.

''Silaturrahmi dan halal bihalal Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Mentayan serta pelepasan santriwan/santriwati ke pondok pesantren di Jawa Timur ini mudah-mudahan dapat kita laksanakan setiap tahunnya," kata Jalal.

Jalal menambahkan kegiatan ini bermulai dari pondok pesantren kilat Nurul Tarbiyah untuk mengadakan kegiatan yang dilaksanakan pada malam ini.

"Ini merupakan hal yang positif untuk Desa Mentayan. Mari kita doakan akan anak-anak kita semoga lancar dalam menunutut ilmu di pondok pesantren yang mereka tuju," ajak Jalal.

Sebanyak 14 santri yang berasal dari Desa Mentayan akan berangkat mondok ke berbagai daerah dan sebagian besar ke pondek pesantren di Jawa Timur.

Jalal juga berharap kepada masyarakat Desa Mentayan untuk dapat mengikhlaskan dan mendoakannya. ''Mudahan dengan mondok ini anak bisa terhindar dari bahaya narkoba yang selama ini menjadi acaman bagi anak kita sebagai generasi muda harapan bangsa,'' harapnya.

''Jangan sayang untuk membiayai anak kita untuk menimba ilmu agama dengan mondok, mudahan dapat bermanfaat minimal bagi dirinya sendiri, orang tua dan masyarakat desa mentayan pada umumnya,'' imbuhya.ail