PERAWANG - Petugas fasilitator dan Dokter dari Puskesmas Tualang, Siak, Riau datangi kediaman Mardewita, penderita kanker ovarium, warga Perumahan Agnagriya Permai Jalan Lingkar Barat, Desa Pinang Sebatang Barat.

Kedatangan tim medis utusan dan Pemda Siak ini untuk mengecek kesehatan Mardewita dan menyarankannya untuk menjalani perawatan di RSUD Tengku Rafian Siak.

Dari laporan tim medis Puskesmas Tualang, kondisi Mardewita semakin kritis. Ambulans dari Puskesmas juga sudah dipesan datang untuk membawa Mardewita ke RSUD Tengku Rafian Siak.

"Tadi setelah dicek, kondisi warga itu kritis sehingga harus dirawat ke Rumah Sakit. Warga ini juga sudah punya BPJS kelas II dari perusahaan tempat suaminya bekerja yakni PT IKPP dan BPJSnya masih bisa dipergunakan," kata Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, Jumat (16/8/2019).

Ads
Mardewita menderita kanker ovarium ini sejak Agustus 2018 lalu. Dia sudah 2 kali menjalani operasi dan kemo untuk proses pemulihan. Namun kondisi kesehatannya terus menurun dalam 1 bulan terakhir.

Sehingga badannya menjadi kurus tinggal kulit pembalut tulang saja. Saat kondisinya yang lemah ini, dia juga tidak dapat perhatian dari Suami dan anaknya. Karena suaminya pergi meninggalkannya sejak kondisi kesehatannya semakin buruk. Sedangkan anaknya dirawat oleh mertuanya di kampung.

Menurut informasi warga, dalam seminggu terakhir ini, perempuan yang akrab disapa Dewi ini tidak bangun dari tempat tidur. Sebab dia sempat jatuh dan pingsan saat akan pergi ke kamar mandi.

"Kami kasihan lihat kondisinya sekarang, sudah tidak bisa mengeluarkan suara lagi. Semoga bantuan pemerintah ini membuatnya bersemangat," kata Mira tetangganya. ***