DURI -  Kitab Suci Alquran tidak hanya cukup dibaca atau di musabaqahkan saja, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana umat Islam bisa mempelajari dan menghayati isi kandungannya.

Demikian dikatakan Camat Mandau Riki Rihardi  saat memberikan sambutan di acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat Kecamatan Mandau, yang diselenggarakan di halaman Kantor Camat Kelurahan Air Jamban, Sabtu (30/3/2019).

Lebih lanjut Riki mengatakan, kegiatan MTQ tidak hanya sebatas melombakan membaca Alquran. Namun lebih jauh dihayati kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Harapan kami, akhlak Alquran menjiwai dan menjadi akhlak kita semua, terutama kepada qori dan qoriah yang bertanding,” ujarnya.

Menurutnya, Alquran harus bisa dijadikan sebagai landasan kehidupan agar bisa lebih baik di hari-hari yang akan datang.

Ads
Penyelenggaraan MTQ, tambah Riki, dilakukan sebagai sarana untuk memberikan motivasi bagi para penggiat Alquran agar lebih meningkatkan pemahaman sekaligus sebagai bentuk ekspresi kecintaan umat Islam terhadap kitab suci yang dimilikinya.

“Spirit Alquran menjadi petunjuk yang senantiasa terpatri dalam setiap sanubari dan di ekspresikan dalam kehidupan individu maupun kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Selain itu orang nomor satu di Kecamatan Mandau juga menambahkan bahwa dampak positif yang didapat dalam penyelenggaraan MTQ adalah melahirkan para Qori dan Qoriah terbaik yang ada pada setiap Kecamatan yang menyelenggarakannnya.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mengasah dan mendidik para pemuda-pemudi kita, sehingga dapat menghindari para milenial dari berbagai pengaruhi pergaulan bebas yang tidak bermanfaat,” ucapnya.

Riki juga menyingung tentang, Pelaksanaan MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini, akan dilaksanakan diKecamatan Mandau.

"Ini merupakan kabar gembira untuk masyarakat Mandau, dimana pada tahun 2019 ini nantinya, Kecamatan Mandau telah ditunjuk menjadi tuan rumah pada ajang MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis. Maka dari itu kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat kecamatan mandau, untuk bekerja sama, apabila pekerjaan tersebut dilaksanakan dengan bersama-sama, seberat apapun pekerjaan itu pasti akan menjadi ringan, ungkap adik Bupati Bengkalis.

Disela-sela acara juga dilaksanakan pelantikan dewan hakim oleh Camat Mandau Riki Rihardi,  kemudian dilanjut penyerahan piala bergilir dari kelurahan Air Jamban kepada Camat Mandau dan diserahkan kepada Ketua Panitia MTQ Kecamatan Mandau ke-45 tahun 2019. ***