DURI - Bupati Bengkalis Amril Mukminin  berharap perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diselenggarakan dimulai dari tingkat Desa/Lurah bahkan tingkatkan Kabupaten ini tidak hanya merupakan acara serimonia semata, namun diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan umat Islam di Kabupaten Bengkalis.

  “Kita harus membumikan al-quran dalam dunia nyata, dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim,” pesan Amril Mukminin saat  membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Mandau ke-45 melalui astaka utama MTQ Kantor Camat Mandau, Sabtu malam (30/3/2019).

  Dalam sambutannya, Amril juga  mengajak masyarakat untuk merubah pandangan terhadap MTQ yang bukan lagi hanya sebagai sebuah acara rutin dan lomba menang-kalah dalam seni membaca al-quran.

  Bupati menerangkan,  saat al-quran di acara MTQ ini dibaca dengan tajwid dan lagu yang merdu, namun juga dapat merenungkan dan memahami maknanya.

  "Mari kita tingkatkan kecintaan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan alquran serta menanamkan kecintaan seni al-quran pada generasi muda untuk meneruskan estafet religiusitas sumber ajaran islam tersebut," imbuh Bupati.

  Ia berharap,  MTQ tingkat Kecamatan ini, dapat menjadi salah satu sumber kesejukan, menjadi sumber mata air melimpahnya Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Basyariyah.

  “Hati kita seharusnya merasa damai setiap kali membaca al-quran, merasa tenteram setiap kali mendengarkan alunan ayat suci al-quran,” ucapnya.

  Perasaan damai tersebut, lanjutnya,  harus dirawat dan ditularkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak ada lagi hoaks, tidak ada lagi saling fitnah, dan tidak ada lagi caci-mencaci di antara sesama umat.

  “Tidak ada lagi gesekan antar sesama saudara kita yang semua itu kadang terjadi hanya karena urusan kecil, hanya karena urusan beda pilihan politik, hanya karena ego,” kata suami Kasmarni.

  Orang nomor satu Bengkalis kembali mengingatkan bahwa Islam adalah agama yang rahmatan ‘lil alamin, yang menjadi berkah bagi alam semesta, yang membawa kebaikan bagi umat muslim di Kabupaten Bengkalis.

  “Karena itu sebagai umat muslim, kita harus menjaga kerukunan, menjaga persaudaraan, menjaga persatuan karena kerukunan, persaudaraan, dan persatuan untuk bergerak maju dan menjadi sumber energi bagi kita untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” tutur Bupati.

  Turut Hadir pada malam pembukaan MTQ tersebut, Sekretaris Daerah H Bustami HY bersama Istri, Ketua Tim Penggerak PPK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni anggota DPRD Bengkalis Daerah pemilihan Mandau dan Pinggir dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bengkalis, Camat Mandau, Camat Pinggir, Camat Bathin Solapan dan Camat Talang Muandau serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.