BENGKALIS, GORIAU.COM - Kejuaraan Nasional Motorprix Regional I Sumatera seri VII di sirkuit non permanen Jalan Sudirman Bengkalis, Sabtu (13/10/2012) dan Minggu (14/10/2012) berlangsung sukses. Pada kejurnas yang dibuka secara resmi Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno itu, pembalap Riau dan asal Sumatera Barat mendominasi.

Di kelas kejurnas bebek 125 CC tune up (MP 1), Ardy Satya Sadarma dari tim Suhandi Padang 88-Sumbar tampil sebagai juara dengan poin sempurna 50. Posisi kedua Reza Fahlefi (RPM Fed Oil FDR NHK-Aceh), disusul Firman Farera (Suzuki Deli Top One-Sumatera Utara), Bobby Anasis (Yamaha FDR NHK Afdal BART-Sumbar) dan Ivon Nanda (Sumber Abadi Motor-Sumbar).

Di kelas MP 2 bebek 110 CC tune up, Ardy Satya Sadarma (Suhandi Padang 88-Sumbar) kembali naik podium. Juara kedua Reza Fahlefi (RPM Fed Oil FDR NHK-Aceh), tempat ketiga Ivon Nanda (Sumber Abadi Motor-Sumbar) serta Firman Farera (Suzuki Deli Top One-Sumut) dan Andres Gunawan (Yamaha Mandala Langgeng-Lampung) ditempat keempat dan kelima.

Pada kelas kejurnas kategori pemula A, pembalap Riau Dimas Aditya Zulha dari Tim Nabila 89 Pekanbaru menjadi yang terdepan di dua klass yakni MP 3 bebek 125 CC tune up dan MP 4 bebek 110 CC tune up. Di kelas MP 3 juara kedua diraih Hadi Renaldi (RPM Fed Oil FDR NHK-Aceh), ketiga Renggi Lukmana (Suhandi Padang 88-Sumbar) sedang tempat keempat dan lima diraih Zefri Hadi (BKTS Racing-Sumut) dan Ifos Alfa Rianda (Kawasaki Greentech-Riau).

Di kelas MP 4, Dimas kembali menunjukan keperkasaannya dengan menjadi yang terbaik. Posisi kedua diraih Renggi Lukmana (Suhandi Padang 88-Sumbar), juara tiga Irvansyah Lubis (Yamaha Yamalube Alfa Scorpi FDR NHK Yonk Jaya-Sumatera Utara) juara empat dan lima direbut Hadi Renaldi (RPM Fed Oil FDR NHK-Aceh) dan Eko Riyanto (Honda Intrac Enduro KYT-Sumtera Utara).

Di supporting class MP 3 pemula Riau, juara pertama kembali disabet Dimas Aditya Zulha (Tim Nabila 89-Pekanbaru). Untuk klass MP 4 lokal Riau giliran Ifos Alfa Rianda (Tim Kawasaki Greentech-Pekanbaru) peraih medali emas balap motor PON XVIII Riau tampil sebagai jawara.Sedangkan di klass bebek s/d 125 lokal Bengkalis direbut Windy Trisnawan pembalap asal kota Bengkalis.

Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, saat pembukaan mengingatkan kawula muda untuk tidak lagi melakukan aksi kebut-kebutan atau balapan liar di jalanan. Pada tahun 2013 mendatang Pemkab Bengkalis akan membangun sirukuit balap permanen di Kota Bengkalis dan Duri.

''Melalui kejurnas ini saya mengimbau kepada generasi muda di seluruh Kabupaten Bengkalis untuk menghilangkan kebiasaan balapan liar di jalan umum. Resikonya sangat tinggi, tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga orang lain.Untuk itulah, Pemkab Bengkalis merencanakan mulai tahun 2013 akan membangun sirkuit balap permanen,” ungkap wabup.

Kejurnas balap motor di Bengkalis merupakan seri terakhir rangkaian Kejurnas Motorprix Region Sumatera tahun 2012. Ketua Korwil IMI Bengkalis Chairul Afrizal dan ketua panitia pelaksana Maskur menyebutkan, tidak kurang 200-an starter bertarung pada event yang berlangsung dua hari ini. (jfk)