PEKANBARU - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada periode 27 Februari - 5 Maret 2019 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit. Dengan jumlah penurunan terbesar dialami oleh kelompok umur 25 tahun sebesar Rp13,35 per kilogram.

Sedangkan, kelompok umur 10 - 20 tahun mengalami penurunan sebesar Rp12,95 per kilogram atau mencapai 0,82 persen dari harga minggu lalu.

"Sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.562, 08 per kilogram," kata Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu di Pekanbaru, Selasa (26/2/2019).

Ia mengatakan, bahwa penurunan harga TBS pekebun periode ini disebabkan adanya kenaikan biaya pada perusahaan seperti biaya pemasaran, biaya angkut dan biaya olah.

"Selain itu harga kernel juga masih terus mengalami penurunan yang cukup besar," tuturnya.

Di mana, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp55 per kilogram, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp60,16 per kilogram dari harga minggu lalu.

Sedangkan, untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp330 per kilogram, dan Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp327 per kilogram dari harga minggu lalu. ***