PEKANBARU - PT Pegadaian Kanwil Pekanbaru memberikan pelatihan kewirausahaan untuk mendorong pengembangan usaha sebanyak 200 pelaku usaha di Pekanbaru, Riau. Pelatihan ini terlaksana melalui kolaborasi PaDI UMKM atau Pasar Digital UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan kini dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Platform ini memiliki sekitar 81.000 UMKM yang telah bergabung.

Merchant Growth PaDI UMKM, Fathia Nurul Aini menjelaskan program ini merupakan upaya kolaborasi antar perusahaan negara untuk mendorong usaha kecil yang menjadi mitra, vendor, atau binaan BUMN agar naik kenal melalui platform digital PaDI UMKM.

"Kami mendorong UMKM terus berkembang melalui platform digital ini karena kami masih kekurangan vendor dari segmen UMKM ini, karena itu kami mengajak BUMN termasuk Pegadaian untuk menggandeng nasabah dan mitra usahanya guna bersinergi melengkapi kebutuhan pasar. Saat ini kami punya sekitar 81.000 UMKM yang terdaftar di PaDI UMKM dari seluruh Indonesia," ungkapnya Kamis (26/1/2023).

Sejak berjalan pada Agustus 2020 lalu, program PaDI UMKM telah mampu meningkatkan lini usaha UMKM yang menjadi vendor, dimana hanya mendaftarkan produknya di marketplace tersebut, bisa diakses oleh seluruh BUMN di Tanah Air untuk menjadi supplier barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan negara.

Kemudian tidak hanya itu, pihaknya juga memiliki berbagai program pendampingan terhadap vendor yang aktif. Dengan upaya itu diharapkan usaha yang dijalankan oleh UMKM terus berkembang dan bisa memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Sementara itu Deputi Bidang Operasional Pegadaian Pekanbaru Tita Agustini menjelaskan memang saat ini semua perusahaan negara telah diminta ikut mendorong usaha kecil dengan cara melakukan transaksi melalui PaDI UMKM.

"Sangat kami rasakan manfaat dan dampaknya mulai dari mudahnya mencari produk, kalau dulu tidak ada harus ke Jakarta, kalau sekarang bisa makin mudah serta semua proses dilakukan secara transparan, efisien, dan tentunya bisa mengikuti aturan pengadaan barang dan jasa di BUMN," ujarnya.

Kemudian tidak hanya itu, untuk pengembangan usaha kecil setempat dan juga yang menjadi vendor di PaDI UMKM, Pegadaian siap mendukung dalam hal permodalan melalui berbagai produk pembiayaan yang dimiliki, dan juga yang telah berjalan hingga saat ini. ***