PEKANBARU - Banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu Stunting, yang kini menjadi isu nasional. Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Umumnya, disebabkan asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting bisa terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Hal ini yang membuat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau, Hj Misnarni Syamsuar peduli terhadap masalah stunting di Bumi Lancang Kuning.

Selain pertumbuhan terhambat, bagi Misnarni, stunting juga berkaitan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal. Akibatnya, kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk.

"Stunting menjadi ancaman bagi anak bangsa, terkhusus di Provinsi Riau yang kita cintai ini. Untuk itu, perlu komitmen bersama mencegah terjadinya stunting di bumi melayu ini," kata Misnarni kepada GoRiau.com, Sabtu (28/12/2019).

Bersempena memperingati Hari Ibu, Misnarni melakukan kunjungan kerja dan mendatangani Komitmen Bersama Peduli Stunting di Puskesmas Kecamatan Tambang, Kampar Jumat (27/12/2019), kemarin.Didampingi Hj Suti Mulyati, ia juga menyerahkan 334 paket yang berisi susu, kacang hijau dan biskuit kepada anak-anak di Kecamatan Tambang.

"Ini bagian kepedulian TP PKK Provinsi Riau, terhadap masalah kekurangan gizi atau stunting ini. Hal ini perlu dilakukan upaya pencegahan sejak dini, sehingga perlu perhatian semua pihak," ungkap Misnarni.

Sementara Bupati Kampar yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Nurhasani dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada PKK Riau yang telah menjadikan Kabupaten Kampar sebagai kunjungan kerja, semoga Stunting di Kabupaten Kampar dapat dicegah dan dikurangi.

Kabupaten Kampar terdapat kasus Stunting sebanyak 355 orang balita yang tersebar di 10 desa, "Kita berharap perhatian dan kepedulian kita bersama karena ini bukan saja permasalahan daerah tapi juga telah menjadi program Pemerintah Pusat," ujar Nurhasani

Tampak hadir Wakil Ketua PKK Provinsi Riau Hj Suti Mulyati, Ketua Dharma Wanita Provinsi Riau Hj Fariza, Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir dan Wakil Ketua TP PKK Kampar Juli Mastuti, serta sejumlah kepala OPD. ***