PEKANBARU, GORIAU.COM - Para pedagang yang biasa menjajakan dagangan di Pasar Senggol Giant Panam mulai membersihkan puing-puing sisa kebakaran yang terjadi pukul 10.00 WIB, Senin (29/7/2013). Kebakaran tersebut setidaknya menghabiskan 224 kios yang terdapat dalam tujuh blok.


Dari pengakuan Asmanto pedagang yang biasa menjual pakaian ini, si jago merah melalap dengan cepat. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghanguskan 224 kios tersebut. Pembersihan mereka lakukan, karena keinginan dirinya untuk berjualan nanti sore. "Pasar kan bukanya pukul 16.00 WIB, kami tetap ingin berjualan disini," katanya.


Selain itu, Asmanto juga berharap kehadiran Pemerintah Kota Pekanbaru untuk meninjau langsung lokasi. Karena, ia mengaku hingga berita ini diterbitkan belum ada satupun pihak berwenang yang meninjau lokasi. "Biar Pak Wali tahu kondisi kita disini," terangnya.


Dari pantuan GoRiau.com, para pedagang mengumpulkan dagangan yang sudah menjadi arang. Sementara beberapa oranglainnya mencoba mendirikan tenda darurat.


Walau belum ada kejelasan mengenai seperti apa solusi, Asmanto dan kawan-kawan berinisiatif untuk mendata kerugian masing-masing. Dengan harapan adanya bantuan dari induk semang. "Semoga ada pihak yang membantu, sebab keinginan kami tetap ingin berjualan disini," katanya.(san)