TEMBILAHAN -Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hilir (Inhil) menggelar patroli untuk menjaga Kamtibmas tetap kondusif di wilayah Kecamatan Tembilahan.

Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan melalui Kasat Reskrim, AKP Amru Abdullah mengatakan giat patroli dalam rangka antisipasi premanisme serta tindakan kejahatan dan pencegahan Covid-19 dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak berkumpul dan kembali ke rumah.

"Kami tidak ingin ada hal yang berbau tindak kejahatan terjadi apalagi pada malam minggu seperti ini. Maka giat patroli kami lakukan dengan sasaran patroli seperti anak dibawah umur, curanmor, begal, sajam, minuman keras (Miras) dan lain sebagainya," papar Amru.

Dari hasil patroli itu, ia mengatakan anggotanya menemukan sepasang muda mudi sedang mojok di tempat sepi dan gelap di sekitar Jalan Tanjung Harapan Ujung dan Pelabuhan LASDP Tembilahan.

"Mereka diberikan bimbingan dan arahan untuk tidak nongkrong ditempat gelap dan sepi karena bisa mengundang tindak kejahatan. Mereka juga diarahkan untuk bubar dan kembali pulang ke rumah masing-masing," katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat mencegah terjadinya tindak pidana curas, curat, curanmor, premanisme, pekat dan kenakalan remaja.

"Selain itu warga juga merasa aman dari gangguan Kamtibmas dan gangguan tindak pidana lainnya. Warga masyarakat juga merasa terayomi dengan kehadiran kami di tengah-tengah mereka," ujar Kasat Reskrim.

Dengan adanya patroli, AKP Amru berharap dapat menumbuhkan rasa simpati dan rasa percaya masyarakat terhadap penegak hukum.

"Harapannya yang pastinya warga merasa amanlah, jika sudah aman rasa kepercayaan masyarakat semakin meningkat, kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas juga akan tumbuh," tutupnya, Minggu (30/1/2022).***