PEKANBARU - Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar Riau, Zulfan Heri akan segera menggesa penandatanganan pakta integritas kepada semua anggota DPRD Fraksi Golkar di daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 ini.

Dikatakan Zulfan, sampai hari ini sudah ada empat kabupaten dan kota yang sudah menandatangani pakta integritas ini, empat kabupaten itu adalah Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis dan Siak.

"Insyaallah besok malam akan kita lanjutkan dengan pakta integritas oleh anggota DPRD di Kabupaten Kepulauan Meranti,  dan kemudian baru kita konsolidasi dengan PKS. Pengurus harian DPD II akan kita hadirkan," kata Zulfan Heri kepada GoRiau.com, Jumat (30/10/2020).

Selesai dari sana, Bapilu akan melanjutkan ke Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan ditutup dengan Rohul. Paling lama, lanjut Zulfan, penandatanganan di Rohul akan selesai pada tanggal 8 November 2020.

Setelah semua menandatangani pakta integritas ini, Bapilu akan melakukan evaluasi dan pemantauan berkelanjutan sampai hari H melalui tiga komponen partai, yakni Bapilu Kabupaten/kota, Ketua DPD II Golkar, dan Koordinator Daerah (Korda) yang sudah ditunjuk oleh Bapilu Riau.

"Untuk Korda ini kita berikan amanah pada Anggota DPRD Riau Provinsi sesuai dengan Dapilnya masing-masing, itu sesuai dengan surat intruksi partai," terangnya.

Tugas para anggota dewan, lanjut Zulfan, adalah melakukan kampanye di basisnya masing-masing, dan memberikan laporan berupa foto, video, dan lainnya kepada DPD I Golkar melalui DPD II Golkar Riau.

Sejauh ini, baru ada dua Anggota DPRD Fraksi Golkar yang belum menandatangani pakta integritas ini, mereka adalah anak kandung dan adik ipar dari Calon Bupati Bengkalis, Kasmarni.

"Mereka akan kita usulkan untuk menjalani proses evaluasi ke DPP, kita sudah menerima laporan kinerja semua Anggota DPRD yang telah menandatangani pakta integritas sebelumnya," tutupnya.***