BAGANSIAPIAPI - Kepenghuluan Pasir Limau Kapas, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau mendapatkan satu bantuan pompa air untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Satu pompa air diserahkan oleh Camat Pasir Limau Kapas, Yahya Khan kepada kepada Penghulu Pasir Limau Kapas, Agus Salim.

''Satu pompa air ini merupakan bantuan dari Polda Riau dan kita serahkan kepada Kepenghuluan Pasir Limau Kapas untuk dipergunakan memadamkan api jika terjadi Kahutla,'' ujar Yahya Khan, Sabtu (14/3/2020) saat menyerahkan di mess camat Jalan Bakti Panipahan.

Sementara Agus Salim mengatakan, mesin pompa air merek Robin itu sangat mudah digunakan sehingga bisa memudahkan petugas. ''Mesin pompa ini sangat dibutuhkan, besar manfaatnya bagi kami di lapangan jika muncul titik api karena Karhutla, sewaktu-waktu dapat dioperasi di lapangan oleh warga dan aparat TNI-Polri,'' jelas Agus Salim.

Dikatakan, letak geografis Kepenghuluan Pasir Limau Kapas dan Kecamatan Pasir Limau Kapas diapit Kabupaten Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu dan Asahan Sumatera Utara baik darat dan perairan. Selain itu, Pasir Limau Kapas juga rawan terjadi Karhutla.

''Kami punya Masyarakat Peduli Api (MPA) ditambah lagi ada bantuan mesin pemadam api dari Polda Riau akan kami rawat dan gunakan sebaik-baiknya dan diharapkan mampu menimalisir dan mengantisipasi Karhutla sejak dini,'' ucap Agus Salim sambil mengajak Ketua RT dan warganya meningkatkan kewaspadaan dengan memonitor daerahnya setiap saat. ***