DUMAI - Dinas Kesehatan Kota Dumai menyebut penyakit Inspeksi Saluran Pernaspasan Akut (ISPA) paling banyak dialami masyarakat usai lebaran.

Plh Kepala Bidang Yankes Dinkes Kota Dumai, dr Muhammad Hafidz, menyebutkan bahwa penyakit ISPA, seperti batuk dan influenza yang dialami masyarakat tidak ada peningkatan dari sebelum bulan Ramadhan.

"Meski tidak ada peningkatan kasus, namun ISPA masih mendominasi," kata dr M Hafidz kepada GoRiau.com, Rabu (12/6/2019).

Hafidz juga menyebutkan masyarakat yang terserang ISPA dikarenakan kondisi cuaca yang berubah serta pola makan yang kurang teratur.

"Kalau habis lebaran sendiri biasanya akibat banyaknya konsumsi minuman bergas yang berlebihan, serta istirahat yang kurang teratur," katanya menjelaskan.

Berdasarkan laporan dari seluruh Puskesmas di Dumai kepada pihaknya, tidak adanya lonjakan pasien yang berobat paska lebaran.

"Selama liburan Puskesmas tetap buka, sehingga tidak adanya lonjakan masyarakat untuk berobat usai lebaran," katanya kembali.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh warga untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola makanan yang sehat serta untuk dapat berisitirahat dengan teratur. ***