PEKANBARU - Total hewan kurban di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru sebanyak 22 ekor, termasuk diantaranya adalah sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Riau, Syamsuar.

Namun dari 22 ekor tersebut, hanya 12 ekor yang akan dipotong. Sementara itu, 10 ekor lagi telah didistribusikan ke masjid-masjid yang membutuhkan.

"Hewan kurban di Masjid An-Nur semuanya terkumpul 22 ekor. Yang 10 lagi kita salurkan ke masjid-masjid lain," kata Kabid Takmir Masjid Raya An-Nur, Zulkarnain Umar, Senin (19/7/2021).

Pemotongan sapi-sapi kurban di Masjid Annur ini sendiri akan dilaksanakan pada Rabu (21/7/2021) lusa. Bersempena hal itu, panitia telah membagikan sebanyak 1.400 kupon kepada warga. Adapun teknis pengambilan daging kurban, panitia telah melakukan antisipasi agar tak terjadi kerumunan massa. Yakni dengan mengatur jam kedatangan warga.

Hal ini pun sudah disosialisasikan kepada warga melalui pihak Ketua Rukun Tetangga (RT) yang mendapatkan bantuan. Sejumlah personil kepolisian dan Satpol PP juga dilibatkan guna mengantisipasi terjadinya kerumunan, termasuk hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami berharap hal itu diindahkan warga nantinya. Karena itu untuk mengantisipasi, personil polisi dan Satpol kita libatkan," kata Zulkarnain. ***