PANGKALAN KERINCI -Bupati Pelalawan, H Zukri mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan atas bantuan hewan kurban untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Daging kurban itu nantinya akan disalurkan kepada tukang sapu jalan, petugas kebersihan, penjaga kantor dan juga bagi warga kurang mampu," kata Bupati Zukri, Senin (19/7/2021).

Tak cukup disitu, lanjud dia, daging kurban juga akan disalurkan kepada para pedagang yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Kita juga sedang mendata para pedagang yang terdampak pandemi Covid-18. Ini prioritas kita," tandas Bupati Zukri, kepada GoRiau.com.

Tahun 2021 ini, PT RAPP menyerahkan bantuan hewan kurban kepada desa-desa sekitar sebanyak 12 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Adapun desa-desa tersebut di antaranya Desa Lalang Kabung, Desa Sering, Desa Delik, Kelurahan Pelalawan, Desa SP7, Desa Kuala Terusan dan juga kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Stakeholder Relations Manager RAPP, Mabrur AR mengatakan, warga Riau Kompleks bisa memaknai Idul Adha sebagai momentum penyemangat. Kepedulian terhadap sesama dalam pemberian hewan kurban menunjukkan bahwa warga saling membantu kepada sesama.

"Dengan berkurban kita bisa membuat kebaikan bagi sesama muslim. Tidak hanya perusahaan, tetapi karyawan RAPP memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk membantu sesama. Terbukti dengan banyaknya kegiatan sosial yang dibuat oleh warga Riau Kompleks RAPP," pungkasnya.

Sapi-sapi yang diserahkan merupakan jenis peranakan Ongol dengan berat bersih daging mencapai 200 kilogram dan jenis sapi Bali dengan berat bersih 160 kilogram.

Sementara itu, untuk peserta kurban sendiri, data dari Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA) Riau Kompleks menyatakan jumlah hewan kurban yang terhimpun di Riau Kompleks mencapai 115 ekor sapi dan 16 ekor kambing.

“Alhamdulillah, jumlah peserta kurban tahun 2021 ini mengalami peningkatan dari tahun 2020 lalu,” ujar Ketua IMRA, H Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, daging kurban tersebut selain dibagikan ke peserta kurban, juga akan dibagikan ke masyarakat sekitar di sejumlah desa antara lain Desa Sering, Kiyap Jaya, Lalang Kabung, Sikijang, Kuala Terusan, Kerinci Kota, Kerinci Timur, Kerinci Barat, SP6 dan SP8.***