SELATPANJANG – Sebagai bentuk transparansi terhadap donasi yang telah dikumpulkan, panitia Donasi Koin Seribu untuk Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Kepulauan Meranti menyampaikan laporan pertanggung jawaban anggaran yang telah digunakan untuk mengikuti kegiatan MTQ ke-40 Provinsi Riau yang berlangsung di Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Koordinator donasi, Sugianto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi kepada Bupati Kepulauan Meranti melalui LPTQ setempat yang telah mendaftarkan Kafilah MTQ tentang keikutsertaan Kabupaten Kepulauan Meranti pada MTQ ke-40 Provinsi Riau tersebut.

"Pelaksanaan sistem pendaftaran pada helat MTQ ini sudah terintegrasi dengan data dukcapil, data dapodik, sistem seleksi, sistem penjurian hingga sistem penilaian semua didukung dengan teknologi digital," ujar pria yang akrab disapa Mas Tato ini saat konferensi pers yang dilaksanakan di Sekretariat Pemuda Pancasila, Rabu (3/8/2022) sore.

Melalui teknologi digital ini, lanjut Mas Tato, hasil perlombaan MTQ telah berjalan dengan baik, transparan, jujur, termonitor, terbuka, terukur, dan fair. Sehingga Kabupaten kepulauan Meranti memperoleh juara umum 7 dengan perolehan empat qori juara satu, dua orang qori juara 2 dan, satu orang qoriah meraih harapan 2.

"Dengan hanya mengikutsertakan, peserta sebanyak 7 orang qori dan qoriah, Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan 7 penghargaan prestasi, dengan makna, seluruh qori dan qoriah semuanya mampu menyumbangkan prestasi untuk kabupaten yang kita cintai ini," ujarnya lagi.

Mas Tato juga menyampaikan terimakasih kepada kafilah Kepulauan Meranti yang telah bersungguh-sungguh memberikan penampilan terbaik sehingga meraih prestasi yang mengharumkan nama kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kami juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh yang terlibat dan official yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk qori dan qoriah selama keberangkatan hingga kepulangan kafilah ke kabupaten yang kita cintai ini," ujarnya.

Mas Tato juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para donatur yang telah menginfaqkan sebagian dari rejekinya yang telah memberikan kepercayaan kepada para relawan Donasi Koin Seribu untuk keberangkatan Kafilah MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kami sangat berterima kasih kepada para donatur yang telah menginfaqkan sebahagian rejekinya dari berbagai suku yang ada di Kepulauan Meranti. Dan juga telah memberikan kepercayaan kepada kami para relawan untuk menghimpun dana sumbangan dari saudara sekalian," ujarnya.

"Kami sangat menyadari, bahwa kami adalah bagian yang terkecil dari masyarakat kabupaten Kepulauan Meranti yang menginginkan agar Kafilah MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti wajib hukumnya untuk tetap mengikuti helat MTQ tingkat Provinsi Riau guna mensyiarkan alunan ayat suci Al-Qur'an nurkarim sebagai petanda bahwa Al-Qur'an menjadi pedoman hidup umat muslim dan masyarakat muslim masih ada di kabupaten yang kita cintai ini," ungkapnya lagi.

Dibeberkan Mas Tato, pada Tahun 2022 ini, pelaksanan pengiriman Kafilah MTQ ini menjadi sangat istimewa, karena pelaksanaan pengiriman kafilah MTQ Kabupaten kepulauan didanai melalui sumbangan donasi Rp1000 dari masyarakat Kepulauan Meranti baik yang berada di dalam maupun diluar kabupaten. Tentu saja ini menjadi prestasi yang luar biasa bagi seluruh masyarakat Kepulauan Meranti.

"Keberangkatan kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 12 orang dengan rincian 7 orang qori dan qoriah, 5 orang official merangkap supir operasional. Dari hasil yang didapatkan, alhamdulillah seluruh qori dan qoriah mendapat juara semua," bebernya.

Berkaitan dengan pelaksanaan pengumpulan donasi disampaikan Mas Tato, bahwa adapun dana terkumpul sebanyak Rp41.327.000, dimana donasi tersebut digunakan untuk ongkos keberangkatan, akomodasi kafilah dan yang saku qori dan qoriah sebesarRp41.000.000, sementara belanja ATK dan operasional lainnya yakni Rp327.000.

"Kami dari relawan donasi Koin Seribu untuk keberangkatan Kafilah MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti pada MTQ ke-40 Provinsi Riau yang berlangsung di kota Bagan Siapi-api memohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan donasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Sapma Pemuda Pancasila, Kamarul yang ditugaskan sebagai Offical mendampingi kafilah menambahkan, dari anggaran yang didapatkan kemudian dipakai untuk berbagai keperluan menyisakan saldo sebesar Rp5 juta.

"Dari donasi yang didapatkan yakni sebesar Rp41 juta lebih kemudian ada bantuan tambahan sewaktu kami sudah tiba di Kota Bagan Siapi-api mendapatkan Rp14 juta. Dari total pengeluaran yang ada hingga saat ini menyisakan saldo sebesar Rp 5 juta, uang tersebut akan kita pergunakan untuk biaya keberangkatan qori dan qoriah yang juara untuk mengikuti TC di provinsi yang akan menjadi peserta di MTQ Nasional," pungkasnya.***