SIAK SRI INDRAPURA - Nama Nurmansyah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak digadang-gadangkan cocok mendampingi Bupati Siak Alfedri pada sisa periode 2015 - 2020. Birokrat yang pensiun September 2019 ini pun menyatakan diri siap untuk membantu Bupati Alfedri.

Sebagai orang asli Siak keturunan Datuk Pesisir, Nurmansyah mengaku tidak akan menolak jika Bupati Alfedri memintanya. "Sebagai orang Siak, saya melihat harus ada yang mendampingi bupati. Jika saya dipercayakan Insyaallah saya siap," kata dia, Rabu (25/9/2019).

Kata Nurmansyah, banyak program kerja yang harus dituntaskan demi kelanjutan pembangunan Siak di sisa akhir masa jabatan pasangan Syamsuar-Alfedri. Namun, karena Syamsuar terpilih sebagai Gubernur Riau, maka Alfedri dilantik menjadi Bupati Siak pada 18 Maret 2019 lalu.

"Sudah 7 bulan dilantik sebagai Bupati Siak, saya lihat, beliau bekerja dengan sangat baik. Hanya saja tidak mempunai wakil. Dia bisa saja menunjuk siapa yang diinginkan untuk membantunya," kata dia.

Niatnya menyatakan siap tersebut hanya untuk membantu dan mempercepat program kerja. "Saya tidak punya kepentingan politik untuk Pilkada 2020. Hanya kasihan melihat beliau tidak ada pendamping secara resmi sebagai wakil," ulas Nurmansyah.

Sebelumnya Bupati Siak Alfedri mengatakan, wakilnya bisa saja dari birokrat ataupun partai politik. Namun ia tidak memperjelas sosok atau basik calon yang akan ditunjuknya.

Berbagai spekulasi muncul bahwa Alfederi akan memasang TS Hamzah, Sekda Siak saat ini, sebagai wakilnya. Namun kenyataannya tidak kunjung terjadi. Saat ini muncul Nurmansyah, namun belum ditanggapi Alfedri. ***