PEKANBARU - Bruntusan merupakan jerawat yang ditandai dengan bintil-bintil kecil dan kebanyakan hampir tidak kentara. Tapi jenis jerawat ini akan terasa kasar bila disentuh.

Meski tak mencolok dan meradang, keberadaannya seringkali mengganggu bagi sebagian orang. Tak heran jika orang yang mengalaminya ingin mencari cara menghilangkan bruntusan dalam semalam.

Seorang profesor tetap dan Ketua Departemen Dermatologi di University of Mississippi Medical Center, Robert Brodell dikutip dari laman SELF menerangkan bahwa tidak ada jerawat yang bisa dihilangkan dengan sangat cepat.

Namun bukan berarti hanya karena tak bisa melenyapkannya dalam waktu singkat, tingkat keparahan bruntusan tak bisa diminimalkan. Berikut 4 cara menghilangkan bruntusan dalam semalam.

1. Kompres es batu

Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam dengan kompres es batu. Berdasarkan rekomendasi American Academy of Dermatology (AAD), cara mengurangi efek bruntusan dalam semalam adalah mengompres dengan es batu.

Es batu membantu mengecilkan pori-pori dan menekan produksi minyak berlebihan sementara waktu.

Caranya, cuci muka terlebih dahulu dan keringkan menggunakan handuk bersih. Bungkus es batu dengan kain bersih atau waslap, usapkan pada bruntusan sekitar 5 hingga 10 menit.

Setelah itu istirahatkan 10 menit, lalu usapkan lagi es selama 5-10 menit. Dikutip dari Medical News Today, Anda bisa menerapkan perawatan dengan produk yang mengandung setidaknya 2% benzoil peroksida.

2. Kompres air panas

Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam dengan kompres air hangat. Selain cara menghilangkan efek parah bruntusan menggunakan kompres es batu, Anda juga bisa mencoba langkah lain yakni kompres air panas.

Rendam kain lap bersih dalam air panas. Usapkan pada jerawat selama 10-15 menit. Ulangi perlakuan ini selama 3 hingga 4 kali sehari.

3. Aplikasikan clay mask

Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam dengan mengaplikasikan clay mask. Clay mask dan masker charcoal bekerja efektif untuk mengatasi bruntusan dan jenis jerawat noninflamasi daripada masker dengan formulasi lainnya, mengutip Healthline.

Masker clay membantu mengeringkan minyak atau sebum yang terperangkap di pori-pori wajah sekaligus membantu menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit yang terperangkap. Dengan rutin mengaplikasikannya, bruntusan maupun komedo akan lebih cepat kering.

4. Tea tree oil

Cara menghilangkan bruntusan dalam semalam dengan mengoleskan tea tree oil. Dikutip dari Medical News Today, tea tree oil merupakan alternatif perawatan alternatif yang dapat mengurangi bruntusan atau jerawat kecil.

Tea tree oil mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba sehingga dapat bekerja melawan jerawat atau bruntusan.

Tea tree oil, selama ini sudah populer sebagai obat jerawat--termasuk bruntusan atau jerawat kecil. Menurut tinjauan studi pada 2016, beberapa penelitian menunjukkan minyak esensial ini memiliki sifat antimikroba dan dapat mengurangi jumlah noda pada orang dengan jerawat ringan dan sedang.

Mengikuti pelbagai langkah di atas sebelum tidur dapat membuat bruntusan atau jerawat pasir Anda terlihat lebih baik pada pagi harinya. Selamat mencoba cara menghilangkan efek parah bruntusan dalam semalam. Semoga berhasil. ***