PEKANBARU, GORIAU.COM - Musim hujan diprediksi berlangsung hingga Januari 2013. Dan kondisi terberat dengan butiran air terbanyakan akan terjadi di wilayah Riau Bagian Barat yang meliputi Kampar, Kuansing dan Rohul.


Staf Bagian Analisas BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautama kepada wartawan, Selasa (30/10/2012) di ruangan kerjanya, mengatakan, setelah bagian barat butiran banyak juga akan terjadi di wilayah Riau bagian Pesisir seperti, Rohil, Inhil, Bengkalis, dan Siak.


''Tapi umumnya terjadi di hampir seluruh wilayah kabupaten/kota di Riau,'' ujar Sanya.


Dikatakan, kondisi saat ini angin pembawa uap hujan sangat banyak mengelilingi wilayah Riau khusunya di Riau bagian Barat. Kondisi inil menjadi cikal bakal terbentuk butiran-butiran hujan.


Sanya juga mengatakan, kondisi curah hujan yang cukup tinggi sudah mulai pada pekan keempat Oktober hingga November. Bahkan, sebutnya dari prediksi BMKG Stasiun Pekanbaru, musim hujan ini akan melanda Riau berlanjutnya hingga bulan Januari 2013 mendatang.


''Dari siklus yang selama ini terjadi, tiga bulan akhir tahun ini, curah hujan di Riau akan tinggi, karena itu, BMKG Stasiun Pekanbaru mengingatkan agar masyarakat terus waspada terutama bagi warga yang berada di bantaran sungai dan perlu peningkatan kewaspadaan saat bepergian.," terang Sanya. (rdi)