PEKANBARU, GORIAU.COM - Walaupun banjir telah nelanda sebagian wilayah Riau, namun hingga saat ini belum ada permintaan bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBD) Riau. Karena tak ada permintaan, maka BPBD hanya menunggu dan menstandbykan tim.

''Sampai saat ini belum ada permintaan bantuan dari BPBD Kabupaten dan Kota. Kami tak bisa turun kalau permintaan belum ada, jadi tim kami standby kan saja,'' ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Syamsurizal, kepada wartawan, Rabu (31/10/2012).

Dijelaskan, sesuai informasi yang didapatkan dari BMKG Stasiun Pekanbaru, diprediksi curah hujan menyelimuti Riau cukup tinggi. Dan kondisi ini akan berlangsung hingga Januari 2013 mendatang, karena itu BPBD sudah menyiapkan tim.

Hanya saja, sesuai prosedur yang ada, BPBD Provinsi tidak bisa turun kalau belum ada permintaan. Karena itu dihimbau, kalau memang perlu bantuan, BPBD Kabupaten dan Kota segera menghubungi BPBD Provinsi.

"Sampai saat ini BPBD Riau belum ada menerima laporan dan permintaan bantuan. Namun, kami sudah siap menurunkan peralatan, termasuk bantuan tim reaksi cepat jika memang dibutuhkan. Karena berdasarkan ketentuan, pihaknya tidaklah dengan bisa begitu saja turun tanpa permintaan BPBD setempat," terangnya.

Syamsurizal mengatakan, kondisi ini bukan berarti BPBD Riau tidak ada rasa peduli terhadap bencana yang terjadi. Buktinya, saat ini pihaknya sudah mengutus staf ke lokasi-lokasi yang terkena banjir. ''Mungkin masyarakat dan pemerintah setempat masih bisa menanggulanginya,'' tutupnya. (rdi)