DURI - Sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bathin Solapan yang memiliki drum band berkolaborasi latihan dengan Marching Band berprestasi hingga ke kancah Internasional, Bahana Cendana Kartika (BCK) Duri.

Latihan bersama yang dipusatkan di SMP Swasta Cendana Duri, Sabtu (2/11/2019) ini diikuti 554 siswa dari 5 SD dan dan 9 SMP. Tampak hadir juga Direktur YPC Riau, Dr Deni Satria, SPd MPd beserta jajarannya, Kepala SMA Cendana Wiselmi beserta jajarannya serta guru pendamping dari masing-masing sekolah yang berpartisipasi.

"Kami bangga dengan adik-adik semua yang dapat hadir untuk mengikuti latihan bersama ini. Kegiatan ini kita lakukan untuk berbagi ilmu dari BCK Duri kepada agar adik-adik dari SD dan SMP lainnya di Duri," kata Dr Deni Satria sebelum membuka kegiatan latihan bersama grup drum band sekolah itu.

Deni yang juga Mantan Kepala SMA Cendana Duri ini mencontohkan bagaimana disiplinnya anak-anak BCK Duri dalam berlatih dan di kehidupan sehari-hari. Dengan harapan, peserta didik dari sekolah yang datang dapat mencontoh hal tersebut.

"Banyak pesan moral yang nanti bisa diterapkan adik-adik sekalian selama mengikuti latihan ini. Dalam mengembangkan minat bakat, tidak hanya dituntut intelektualnya saja tetapi bagaimana mempersiapkan diri menuju generasi 4.0," kata Deni lagi.

Deni juga menekankan, salah satu kunci keberhasilan BCK Duri ini adalah disiplin dan tekun dalam memupuk dan mengembangkan bakatnya masing-masing. Sehingga prestasinya terus naik hingga ke tingkat Internasional dan sudah berkali-kali juga tampil di Istana Negara RI.

"Semua hal positif yang didapat selama latihan sehari ini hendaknya dapat diterapkan juga pada adik-adik sekalian. Dan mudah-mudahan adik-adik juga tertarik untuk melanjutkan SMP dan SMA di Cendana ini," tukasnya lagi dan melanjutkan pemukulan drum sebagai tanda dimulainya latihan bersama drum band SD dan SMP di Duri.

Setelah dibuka, latihan gabungan ini dijadwalkan akan berlangsung hingga sore. Dan terakhir nanti seluruh drum band dari masing-masing sekolah akan tampil masal sesuai dengan bidang yang dipilihnya saat latihan.

"Untuk lagu penampilan bersama nanti lagu yang dimainkan itu Do Be Do dari Gita Gutawa. Gabungan sekolah ini akan memainkannya secara bersama sore tanti. Begitu juga Marching Band BCK Duri juga akan menampilkan satu lagu," kata Iwan Arif, pelatih Perkusi saat ditemui GoRiau.com.

Kepala SMP Cendana Drs Saprijon MM didampingi Ketua Panitia Acara, Drs Ahmad memonitor latihan bersama itu. Sekitar 554 siswa SD dan SMP yang dibagi dalam beberapa kelompok mengikuti arahan dari masing-masing pelatih Color Guard, Perkusi dan Brass MB BCK Duri.

"BCK ini salah satu ektrakurikuler yang bertujuan untuk menyalurkan bakat dan keterampilan dalam alam seni musik, tari, dan koreografi," kata Saprijon dengan optimis wadah ini juga membina bagiannya dilahirkan pribadi yang positif, tangguh, disiplin, bermutu, dan mampu berorganisasi serta memainkan pekerjaan secara bersama. ***