PEKANBARU - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Riau memastikan akan tetap menggelar deklarasi dan silaturahmi dengan deklarator KAMI Pusat, yakni Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Divisi Publikasi dan Media KAMI Riau, Masril Ardi mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan acara ini jauh-jauh hari, sehingga H-1 acara persiapan sudah mencapai 99,9 persen.

"Kita sudah sangat siap, 1000 persen bahkan 10.000 persen kita siap, tinggal memasang spanduk saja. Kita deklarasi terang-terangan, ngapain sembunyi-sembunyi, kita kan bukan maling," kata Masril kepada GoRiau.com, Kamis (15/10/2020).

Namun, Masril masih merahasiakan titik pasti lokasi deklarasi, dan lokasi deklarasi baru disampaikan kepada media besok pagi, Jumat (16/10/2020).

Terkait kehadiran Gatot, Masril menyebut kemungkinan besar akan hadir, sebab jadwal deklarasi dan silaturahmi KAMI Riau sudah masuk dalam agenda KAMI Pusat, bersamaan dengan Sumatera Selatan.

"Jadi di Riau ini sudah terjadwalkan kehadiran Gatot, jadi di Sumatera ini ada 2, satu Pekanbaru di Riau dan satu lagi Palembang di Sumatera Selatan, itu sudah dibicarakan tingkat nasional," tambahnya.

Diakui Masril, pihaknya sudah menerima maklumat dari Gubernur Riau, Syamsuar yang dikeluarkan hari ini, Kamis (15/10/2020). Dimana, Syamsuar melarang setiap aktivitas pengumpulan massa yang tidak memiliki izin dari kepolisian atau pihak berwenang.

"Maklumat Gubri diduga menghambat deklarasi KAMI. Tapi kita tetap deklarasi. Kita kan menyuarakan aspirasi, dilindungi UU, harusnya kan polisi melindungi, bukan malah melarang kami," tutupnya. ***