SIAK - Bupati Siak H Syamsuar mengapresiasi keberhasilan pramuka Gugusan Depan (Gudep) SD Negeri 2 Kampung Dalam, Kecamatan Siak atas prestasinya meraih juara II tingkat nasional di Kota Malang, katagori Penggalang ceria untuk laki laki.

"Alhamdulillah, anak-anak pramuka kita meraih juara umum 2 di tingkat nasional, mereka mewakili provinsi Riau dalam ajang Pramuka Gugus Depan tingkat nasional katagori penggalang ceria putra yang berlangsung di kota Malang,” kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar, di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara Kecamatan Mempura Selasa (13/8/2018).

Kata Syamsuar lagi, Keberhasilan anak anak pramuka Siak ini di tingkat nasional, hendaknya motifasi bagi kawan kawannya yang lain. Mereka yang menang menjadi contoh, sehingga setiap mengikuti event pramuka di tingkat nasional Pramuka Siak meraih juara.

"Saya mengucapkan selamat atas prestasi diraih. Saya bangga karena apa yang telah dilakukan anak Siak ini tidak hanya untuk diri sendiri namun juga mengharumkan nama Siak dan Provinsi Riau, karena mereka memang mewakili Riau,” ucap Syamsuar.

Sementara Itu kepala sekolah SD Negeri 2 kampung Dalam Kecamatan Siak, Darusna mengatakan, ada 15 katagori yang diperlombakan pengalang ceria tingkat nasional, di kota Malang.

" Dari 15 katagori yang di perlombaan Pramuka Siak anak anak kita, meraih juara 1 Seketsa panorama, kemudian juara 1 sedangkan lomba DK meraih juara 2, dari jumlah juara yang kita raih mulai karagori kelompok dan perorangan, ditetapkan kita sebagai juara umum dua tingkat nasional,"terang Darusna.

Ia menambahkan, lomba yang diikuti ini sudah menjadi kegiatan rutin di sekolah. Selanjutnya untuk memantapkan anak ini hanya perlu latih lebih kurang selama satu bulan.

Kemudian diseleksi mulai tingkat kabupaten, lanjut ke tingkat provinsi, kemudian tim visitasi dari pusat meninjau ke daerah dan melakukan penilaian.

"Yang akhirnya kita meraih juara dua tingkat nasional. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 06 sampai dengan 11 agustus lalu yang berlangsung di hotel Haris Kota Malang," sebutnya. ***