PEKANBARU - Untuk suksesi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengajukan Stadion Utama Riau sebagai tempat pertandingan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, Selasa (29/10/2019).

"Alhamdulillah, Pak Menteri setuju Stadion Utama Riau digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20," kata Syamsuar kepada GoRiau.com usai pertemuan dengan Menpora di Jakarta.

Syamsuar yang telah menyampaikan hajatnya dalam helat besar Piala Dunia U-20, disambut baik Menpora. Dimana, tidak hanya Riau saja yang mengusulkan kepada Menpora untuk pemakaian stadion di Indonesia.

"Banyak daerah di Indonesia sudah mengusulkan ke Menpora. Nantinya, akan ada seleksi dari FIFA, stadion mana yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan sepakbola paling bergengsi di dunia ini," ungkap Syamsuar.

Menpora juga berpesan kepada Syamsuar, agar Pemerintah Provinsi Riau mempersiapkan diri sebagai tuan rumah jika terpilih nantinya oleh FIFA. Sebab, akan ada negara-negara yang ikut Piala Dunia U-20 melakukan penyesuaian cuaca di Riau.

"Sebelum pertandingan, negara yang ikut Piala Dunia U-20 akan tinggal sekitar 6 bulan untuk penyesuaian cuaca di Pekanbaru, Riau. Peluang ini tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Riau. Saya mohon doa rakyat Riau, semoga Bumi Lancang Kuning terpilih sebagai tempat terselenggaranya Piala Dunia U-20," jelas Syamsuar.

Saat bertemu Menpora RI, Syamsuar didampingi Anggota DPR RI asal Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Doni Aprialdi.

Dalam pertemuan itu Syamsuar menceritakan bagaimana kondisi Stadion Utama Riau saat ini dan sudah pernah digunakan untuk event internasional serupa.

Rencananya, Menpora dalam waktu dekat akan berkunjung ke Pekanbaru, Riau untuk melihat langsung kondisi Stadion Utama Riau yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20, bulan November 2019. ***