PEKANBARU, GORIAU.COM - Di atas bus yang disiapkan Pemprov Riau, saat perjalanan dari Bandara ke Hotel Aryaduta, Sabtu (13/10/2012) sore, Menpora Andi Mallarangeng menerima paparan singkat dari Gubernur Riau Rusli Zainal, Wagub Mambang Mit, dan Ketua Panitia Sub PB Papernas XIV 2012 Emrizal Pakis.


Bus yang disiapkan ini memang telah dimodifikasi untuk tempat berdiskusi. ''Ini efektif, sambil jalan kita bisa diskusi,'' ujar Menpora.


Hasil paparan singkat itu, Menpora menilai pelaksanaan pesta olahraga bagi paralimpian sukses dan berjalan lancar.


''Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai yang diharapkan,'' kata Menpora didampingi Plt Deputi III Tunas Dwidharto dan Plt Ka.Biro HHP Amar Ahmad.


Ditambahkan, tidak hanya sukses penyelenggaraan, tapi juga prestasi, Menpora mengaku setiap hari mendapat informasi pelaksanaan Peparnas di Riau, banyak rekor Asian dipecahkan, ASEAN, dan nasional. ''Ini tentu modal kita menuju kejuaraan lebih tinggi lagi, tinggal bagaimana atlet ini terus dibina,'' ujar Menpora.


Menurut Menpora, atlet difabel kita sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa, tak kalah dengan negara lain. Untuk itu, Menpora mengajak Pemprov, Kabupaen, dan Kota turut serta mendorong atlet difabel yang potensi di daerahnya masing-masing. Sampaikan pada keluarga yang memiliki anak kekurangan fisik jangan berkecil hati, anak-anak ini memiliki masa depan cerah, perkenalkan mereka berbagai cabor.


''Negara membutuhkan mereka, mengharumkan nama bangsa dan Merah Putih,'' ujarnya.


Menpora juga menyinggung, soal persiapan Islamic Solidariy Games 2013 mendatang agar venue -venue yang masih kurang segera diperbaiki. "Saya lihat pembangunan bandara juga segera dikebut, supaya ketika peserta ISG tiba sudah menikmati megahnya bandara ini,'' ujarnya. (nti/kpc)