JAKARTA - Fraksi PDI Perjuangan MPR memperingati 77 tahun lahirnya seorang tokoh bangsa dari kalangan nasionalis dan juga mantan Ketua MPR RI 2009-2013 HM. Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Selasa 31 Desember 2019.

Taufiq Kiemas adalah tokoh bangsa yang dikenal memiliki reputasi tinggi dalam percaturan politik nasional sebagai seorang pelobi ulung yang mampu merajut tali silaturahim dengan berbagai kalangan, baik lintas ideologi, partai politik, lintas agama, bahkan lintas generasi. Kedermawanan dan kemanusiaan Taufiq Kiemas sangat dirasakan oleh banyak kalangan semasa hidupnya.

Taufiq Kiemas dilahirkan di Jakarta tanggal 31 Desember 1942 dan wafat pada tanggal 8 Juni 2013. Ayah beliau adalah seorang perwira TNI AD yang juga tokoh Masyumi, namun Taufiq memilih jalan perjuangan menjadi pengikut Soekarno dan menjadi aktifis GMNI dan bergabung di PDI dan PDI Perjuangan bahkan menjadi menantu Bung Karno dan menjadi suami Megawati Soekarnoputri.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan 77 tahun lahirnya Taufik Kiemas dilaksanakan atas permintaan putri beliau yang juga Ketua DPR Puan Maharani. Basarah mengingatkan bahwa hikmah dari peringatan ini adalah untuk mengenang jasa-jasa perjuangan Taufiq Kiemas dan mengambil suri tauladan yang pernah ditunjukan beliau semasa hidupnya.

Pak Taufiq telah menunjukan kepada kita semua bahwa sebagai seorang tokoh Islam Masyumi dan putra seorang tentara tidaklah menjadi halangan bagi beliau untuk menjadi seorang Nasionalis-Soekarnois. "Dalam diri pribadi Pak Taufiq menyatu tiga unsur kekuatan bangsa Indonesia, yakni darah seorang putra TNI, Islam dan Nasionalis," terang Basarah.

Sementara itu, Menkumham Yasona Laoly dalam sambutannya mengatakan betapa besar jasa Taufiq Kiemas bersama Megawati Soekarnoputri bagi lahirnya tokoh-tokoh bangsa generasi berikutnya, seperti Puan Maharani yang sekarang jadi Ketua DPR.

"Kemudian ada Lukman Hakim Saefudin dari PPP yang pernah menjadi Wakil Ketua MPR dan Menteri Agama, Ahmad Basarah Wakil Ketua MPR dan saya sendiri yang kini menjadi Menkumham dua periode dan masih banyak lagi," ujar Yasona.

Lukman Hakim Saefudin dalam sambutannya mengajak bangsa Indonesia meniru suri tauladan perjuangan almarhum Taufiq Kiemas terutama dalam menjalin hubungan kemanusiaan dengan siapapun juga. "Saat memimpin MPR dahulu saya sangat merasakan hangatnya kepemimpinan beliau bagi lembaga MPR," jelas Lukman.

Hadir juga dalam acara tersebut tokoh-tokoh PDIP, Bamusi, Repdem, Alumni GMNI dan dari DPR RI seperti Ribka Tjiptaning, Nasirul Falah Amru, dan M.Mukhlis. dari pihak keluarga hadir dokter Heri Kiemas yang memberikan sambutan mewakili keluarga Almarhum Taufiq Kiemas.***