NEW DELHI -- Sebuah video memperlihatkan seorang bocah tak memakai baju sedang menjilati piring kotor di tempat pembuangan sampah.

Dikutip dari detik.com yang melansir dari Odisha TV (9/4/2021), video kejadian memilukan itu beredar luas baru-baru ini. Peristiwa itu terjadi di daerah Sundergarh, distrik di India, yang terkenal dengan kekayaan mineralnya.

Ketika menemukan piring kotor dengan sisa-sisa makanan yang ada di sana. Bocah malang itu langsung memakannya, bahkan menjilati piring kotor tersebut karena terlalu lapar.

Setelah ditelusuri lebih lanjut bocah malang ini ternyata bernama Manoranjan. Ia merupakan putra dari penduduk bernama Rabana Munda. Manoranjan tinggal bersama kedua kakaknya, Rajan dan Malati yang semuanya masih kecil.

Sang ibu sudah meninggal dunia. Sementara Rabana harus mencari nafkah dan terpaksa meninggalkan ketiga anaknya sendirian di rumah.

Karena tidak ada yang mengurus anak-anak tersebut, akhirnya mereka bertiga mengalami kekurangan gizi. Mereka seringkali tidak makan, sampai harus mencari sisa-sisa makanan dari tempat sampah.

''Sebenarnya saya sudah memasak makanan untuk mereka sebelum pergi kerja. Tapi karena saya bekerja di luar terlalu lama, hal ini akhirnya terjadi. Saat itu ada pesta di sekitar rumah, banyak piring kotor yang dibuang di sana,'' jelas Rabana.

Viralnya video ini membuat banyak netizen sedih sekaligus miris. Untungnya pemerintah setempat dengan sigap langsung memberikan bantuan untuk Rabana dan anak-anaknya.

Pemerintah juga memastikan bahwa Manorajan dan kedua kakaknya akan diurus oleh perlindungan anak. Sehingga pendidikan mereka terjamin, dan mereka bisa tumbuh di dalam lingkungan yang aman.***