PEKANBARU - Jembatan Siak IV Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit, Kota Pekanbaru, diharapkan Gubernur Riau Syamsuar bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Pekanbaru. Untuk menarik wisatawan lokal dan macanegara, diusulkan adanya waterfront.

"Di bawah jembatan (Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah) ini kan mau dibuat waterfront. Saya ajak juga Pak Sekdako Pekanbaru (HM Noer) melihat langsung. Ada juga rencana membersihkan sungai ini, karena sudah tercemar," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Senin (18/3/2019).

Syamsuar juga mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai dan sembarangan. Buanglah sampah pada tempat penampungan yang sudah disediakan.

"Karena Kota Pekanbaru, mau ditata bersama Walikota Pekanbaru. Saya juga sudah membicarakan hal ini dengan BBKSDA yang mengurus tentang sungai, untuk dibantu terkait sungai yangbada di Riau. Agar Kementerian PU bisa membantu pembangunan waterfront kita," ungkap Syamsuar.

Saat ini bagaimana Pemerintah Provinsi Riau, sambung Syamsuar, bisa mengambil dana pusat untuk pembangunan waterfron dan taman yang ada di Pekanbaru ini. Apalagi nantinya ada peluang usaha ekonomi kreatif di waterfront ini.

"Sekakigus nanti, ketika orang datang ke sini tidak hanya bisa menikmati keindahan jembatan dan taman, serta waterfront, juga jalan untuk jogging juga disiapkan. Kita siapkan agar menarik dan banyak orang mau datang," jelas Syamsuar. ***