RENGAT - BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau kembali menyerahkan ratusan persil sertifikat tanah untuk sejumlah desa di Kabupaten Inhu. Penyerahan sertifikat tersebut diterima langsung oleh Bupati Inhu, H Yopi Arianto, Jumat (27/1/2017).

Sertifikat tersebut adalah sertifikat tanah hak pakai milik instansi pemerintah Inhu dan sertifikat Prona (program nasional) tahun 2016.

Adapun desa yang menerima sertifikat Prona tersebut yaitu, Desa Pasir Ringgit dan Desa Sidomulyo Kecamatan Lirik. Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida dan Desa Plangko Kecamatan Kelayang.

Selain itu, Desa Teluk Sungkai Kecamatan Kuala Cenaku, Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap, Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat serta Kelurahan Pematangreba Kecamatan Rengat Barat.

Bupati Inhu H Yopi Arianto, mengucapkan terimakasih kepada pihak BPN yang telah membantu Pemkab Inhu dan membantu masyarakat melalui program Prona dalam pembuatan sertifikat tanah.

"Terimakasih saya ucapkan kepada pihak BPN yang telah bermitra dan membantu masyarakat Inhu dalam pembuatan sertifikat tanah mereka," singkat Yopi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPN Inhu Sudarmadi, dalam sambutannya mengharapkan kepada seluruh masyarakat Inhu untuk mendaftarkan lahan atau tanah mereka.

Karena hal itu sangat penting. Sebab, dengan legalitas kepemilikan tanah akan memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas tanahnya.

Melalui program pendaftaran tanah sistematik tepat dari BPN, Sudarmadi juga mendorong agar masyarakat dapat memanfaatkan program tersebut.

Karena, program sistematik tepat dari BPN tersebut memiliki banyak keuntungan yang akan didapat oleh masyarakat termasuk kemudahan prosedur, biaya yang murah dan waktu pengumuman yang relative cepat.

"Dengan demikian, saya mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan tanah yang merupakan hak milik pribadi. Dengan begitu, tanah yang didaftarkan tersebut akan memiliki kepastian dan perlindungan hukum," pungkasnya.

Turut hadir dalam penyerahan sertifikat tanah tersebut, Plt Sekda H Hendrizal, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, camat se Inhu dan Kades se Inhu.*** #Ingin Tahu Berita INHU Selengkapnya, Klik Disini