TELUKKUANTAN – Masyarakat Kenegerian Taluk Kuantan mendukung penuh Suhardiman Amby pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tahun 2024. Masyarakat berharap, Suhardiman tetap menjadi Bupati Kuansing untuk periode berikutnya.

Demikian hasil rapat pemangku adat Kenegerian Taluk Kuantan yang digelar pada Jumat (10/5/2024) sore di Rumah Godang Kenegerian Taluk Kuantan. Rapat ini dipimpin oleh Datuk Bisai Edyanus Herman Halim bersama Pangulu Nan Barompek Kenegerian Taluk Kuantan.

"Kesepakatan kami, mendukung sepenuhnya Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby pada Pilkada dan mengharapkan beliau tetap jadi bupati periode mendatang," ujar Datuk Bisai Edyanus.

Masyarakat Kenegerian Taluk Kuantan juga sepakat mengajukan kader terbaiknya untuk mendampingi Suhardiman pada Pilkada mendatang, yakni Hendrizal. Hendrizal merupakan birokrat senior yang sukses berkarir di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Saat ini, Hendrizal menjabat Sekda Inhu.

"Kemudian, kami mengajukan Hendrizal sebagai wakil. Kami menilai, Hendrizal sangat qualified disandingkan dengan Suhardiman. Dia birokrat senior yang paham dalam menjalankan roda pemerintahan," kata Edyanus.

Dukungan masyarakat Kenegerian Taluk Kuantan kepada Suhardiman Amby bukan tanpa dasar. Strategi pembangunannya dinilai lebih merakyat. Kemudian, Suhardiman punya kepedulian yang nyata terhadap adat istiadat Kabupaten Kuansing dengan melibatkan tokoh-tokoh adat dalam pembangunan.

"Keberpihakan beliau terhadap adat istiadat sudah nyata, dimana beliau menghimpun tokoh-tokoh adat dalam pembangunan. Kemudian, pemangku adat juga mendapat insentif sebagai ujung tombak pembangunan," kata Edyanus. Strategi Suhardiman dalam membangun dinilai merakyat.

Pada rapat yang dihadiri seluruh pemangku adat ini, masyarakat Kenegerian Taluk Kuantan juga berharap jabatan strategis lainnya diisi oleh kader-kader Kuantan Tengah. Seperti posisi Ketua DPRD Kuansing, dimana ada dua orang dari Kenegerian Taluk Kuantan yang berpotensi.

"Dari Partai Gerindra ada Dasver Librian dan Gusmir Indra. Kami berharap, mereka bisa menjadi Ketua DPRD Kuansing," kata Edyanus.

Datuk Bisai juga berharap kader-kader Kenegerian Taluk Kuantan bisa menjabat sebagai Sekda Kuansing jika Suhardiman Amby terpilih sebagai Bupati Kuansing untuk periode selanjutnya.

"Ada tiga jabatan strategis, wabup, Ketua DPRD dan sekda. Kami berharap anak cucu kemenakan kami mengisinya, salah satu harus dapat, kalau bisa ketiga-tiganya, karena kami ibu kota kabupaten," tegas Edyanus.

Karena keputusan sudah bulat, Edyanus mengimbau anak cucu kemenakan Kenegerian Taluk Kuantan bersatu memenangkan Suhardiman Amby pada Pilkada mendatang.

"Mari kita bersama-sama memenangkan Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby, agar target-target kita tercapai dan Kuansing semakin maju," kata Edyanus.***