PANGKALAN KERINCI - Kementrian Agama Kabupaten Pelalawan belum dapat memastikan tanggal digelarnya manasik haji untuk para jamaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini.

Namun, manasik haji dilaksanakan selambat-lambatnya usai Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M.

"Insya Allah, manasik haji baru akan dilaksanakn usai lebaran ini. Karena juga tidak memungkinkan manasik dilaksanakan sekarang," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pelalawan, HM Rais, kepada GoRiau.

Ia optimis manasik haji tidak akan mengganggu persiapan para Jamaah Calon Haji (JCH) sebelum berangkat ke Tanah Suci mulai 15 Juli mendatang.

Ads
"Optimis, itu hanya beberapa hari dilaksanakannya. Kita hanya mengingatkan lagi regulasi dan aturan ibadah, itu yang akan dijelaskan seperti itu," katanya.

M Rais menambahkan, keberangkatan JCH beda dengan tahun sebelumnya. Para jamaah tidak lagi menginap di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Jamaah diberangkatkan dari Pangkalan Kerinci menuju Pekanbaru menggunakan bus.

"Kemudian, JCH terbang dari Pekanbaru ke Batam hanya untuk transit beberapa jam dan melanjutkan perjalanan ke Madinah. Jadi tak menginap seperti tahun-tahun sebelumnya. Jamaah Pelalawan akan bergabung dengan Kampar," pungkasnya, kemarin.*