TELUKKUANTAN - Ratusan masyarakat Kenegerian Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, memblokade ruas jalan Benai - Kukok, Rabu (13/10/2021) malam. Jalan ini merupakan akses PT. Duta Palma Nusantara (DPN) untuk keluar masuk.

Menurut sumber informasi yang dirangkum GoRiau.com, aksi pemblokiran jalan dilakukan sebagai balasan ke perusahaan tersebut karena memutus akses jalan masyarakat.

"Tapi pagi, jalan kami timbun kembali. Jalan ini sebelumnya diputus oleh perusahaan. Karena ini jalan menuju kebun kami, maka kami timbun lagi. Eh, rupanya kembali diputus lagi oleh PT DPN," ujar warga yang tak ingin disebutkan namanya.

Ruas jalan Benai - Kukok tak hanya dilewati oleh PT DPN, tapi juga PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Menurut warga, truk pengangkut kayu milik PT RAPP tetap diperbolehkan untuk lewat.

"Kalau truk kayu, kita izinkan lewat. Tapi kalau truk CPO, itu tidak boleh. Kita akan tutup jalan untuk PT DPN, sampai ada kemurahan hati, membuka kembali jalan masyarakat," tutur warga ini.

Sementara itu, sumber GoRiau.com menyebutkan saat ini masyarakat tumpah ruah di ruas jalan Benai - Kukok, tepatnya di Simpang Ciambai, Desa Munsalo Kopah. Aksi damai ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.***