JAKARTA Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, banyak pensiunan jenderal menjadi beking mafia tanah dan tambang ilegal.

"Yang begitu tuh sudah lama. Kemarin saya tanya kepada Sesmenko, itu tentara kalau udah pensiun punya kekuatan apa pak? Waduh laporan saya tuh, banyak membeking orang, membekingi mafia, jenderal ini lah jenderal itu," katanya dalam jumpa pers catatan akhir tahun 2022 di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (15/12/2022), seperti dikutip dari Merdeka.com.

Mahfud mendesak pihak kepolisian menindak mafia dan pembekingnya. Dia juga heran, seorang tentara masih bisa menjadi beking mafia dan usaha ilegal setelah pensiun.

"Kalau begitu saya bilang, ambil. Saya sampaikan ke polisi, ambil dong, orang udah pensiun kok masih ini, lalu mau menggunakan apa? Mungkin sebentar lagi akan ada pengumuman tersangka," ungkapnya.

Mahfud tidak ingin mafia menguasai sebuah lahan tanpa izin.

"Saya bilang ke Poldanya jangan dibiarkan dong kayak gini, menguasai sebuah kompleks swasta tanpa izin, tanpa surat resmi, memungut uang dari masyarakat," ujarnya.

Dia ingin kasus tambang dan penguasaan tanah ilegal segera dibuka dan diselesaikan. Jika takut untuk bertindak, kata Mahfud, maka persoalan ini tidak akan selesai.

"Nah yang begitu tuh saudara, yang kira saya Pak Kapolri, Pak Panglima, berkomitmen untuk menyelesaikan ini," ucapnya.

"Mari yang lama'lama tuh mulai dibuka aja. Kalau diambangkan karena takut, kapan selesai. Nah itu yang saya maksud, tidak usah menyebut orang, tidak boleh," tutup Mahfud.***