SIAK - PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di Wilayah Riau dengan mengikutsertakan mitra pemasok APP Sinar Mas, yaitu PT BKM dan PT RML yang berkolaborasi dengan Forum Jurnalis Kreatif Riau (JKR) Wilayah Siak, pada Rabu (14/12/2022), melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula dan lapangan SMA Negeri 2 Siak, Kota Siak Sri Indrapura, Riau. Kegiatan ini diikuti Kepala SMA Negeri 2  Siak Dadang Herudini, S.Si dan para guru SMA Negeri 2 Siak serta seluruh siswa SMA Negeri 2 Siak yang jumlahnya lebih dari 200 orang.

GoRiau Public Relation PT Arara Abadi
Public Relation PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Nurul Huda, memberikan penjelasan kepada para peserta Sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di SMA Negeri 2 Siak. (jkr)

Sementara dari dari perusahaan hadir Public Relation PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Nurul Huda, Fire Operasional Management (FOM) Satrio, Jhon Pasaribu, juga hadir dari fire marshal PT RML dan PT BKM.

Kepala SMA Negeri 2 Siak, Dadang Herudini, dalam sambutannya menyampaikan, sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada PT Arara Abadi dan Forum Jurnalis kreatif Riau atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi Karhutla ini.

“Kegiatan sosialisasi Karhutla yang dilaksanakan oleh PT Arara Abadi dan wartawan dari Forum Jurnalis Kreatif Riau sangat bermanfaat karena sangat jarang didapat oleh siswa tentang cara pencegahan Karhutla, mulai dari pengenalan alat sampai kepada teknik-teknik pemadaman. Kami berharap pelatihan ini dapat dilakukan setiap tahunnya, karena ketika siswa tamat dari sekolah, siswa juga dapat pengetahuan baru tentang pencegahan Karhutla, dan kami harap juga selain kegiatan sosialisasi ini, juga dibarengi dengan kegiatan penghijauan," ujar Dadang.

Dalam kesempatan Ketua Forum JKR (Jurnalis Kreatif Riau) Satria Utama melalui Koordinator JKR Siak, Mayonal Poetra menyampaikan, pihaknya sengaja menggandeng PT Arara Abadi-APP Sinar Mas untuk sosialisasi pencegahan Karhutla ini kepada generasi muda, khususnya siswa SMA sebagai bentuk komitmen dari JKR untuk memberikan edukasi kepada semua pihak.

"Kami melihat PT Arara Abadi salah satu wilayah operasionalnya ada di Siak dan juga punya program pencegahan Karhutla, salah satunya yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat," terangnya.

Menurutnya, kerja sama JKR dengan PT Arara Abadi dalam mensosialisasikan pencegahan Karhutla sudah beberapa tahun ini terjalin dengan baik.

"Kita sudah beberapa kali menggelar diskusi, baik di kampus maupun di tengah-tengah masyarakat untuk memperkuat pemahaman pentingnya mencegah Karhutla agar bencana kabut asap tidak terjadi lagi di Riau," pungkasnya.

Manajemen PT Arara Abadi melalui Nurul Huda kepada media menyampaikan, sangat menyambut baik tawaran program kolaborasi dengan kawan-kawan dari berbagai media di Siak ini untuk melakukan kegiatan bersama sosialisasi pencegahan dan penanganan Karhutla, khususnya lokasi yang dipilih oleh kawan-kawan jurnalis adalah SMA Negeri 2 Siak.

Kegiatan sosialisasi ini, sambung Nurul, merupakan rangkaian kegiatan kolaborasi dengan kawan-kawan wartawan di berbagai daerah operasional perusahaan menjelang penutupan akhir tahun 2022.

"Kegiatan di Siak ini, selain PT Arara Abadi yang juga merupakan bagian dari Satgas (Satuan Tugas) Karhutla Riau, kita juga membawa mitra usaha pemasok bahan baku kayu HTI (Hutan Tanaman Industri) untuk APP Sinar Mas yaitu; PT RML (Riau Mandau Lestari) dan PT BKM (Balai Kayang Mandiri).Bagi perusahaan, sosialisai dan pencegahan Karhutla adalah tanggung jawab kita semua pihak secara bersama-sama, agar daerah kita ini bebas dari bencana kabut asap dan karhutla," kata Nurul.

Perusahaan tidak akan pernah lelah dan berhenti mengedukasi berbagai elemen masyarakat yang membutuhkan sosialisasi bagaimana cara mencegah dan menanggulangi Karhutla. Setiap hari salah satu landasan kerja dan aktifitas karyawan yang ditugaskan dari perusahaan PT Arara Abadi juga mitra-mitra adalah melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla kepada masyarakat di sekitar areal operasional perusahaan, karena jika terjadi kebakaran di sekitar areal konsesi perusahaan akan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi perusahaan, belum lagi dampak lingkungannya termasuk akan tergannggunya proses belajar dan mengajar bagi siswa/pelajar, jadi kegiatan sosialisasi yang dilakukan kepada generasi muda Siswa SMA Negeri 2 Siak ini, adalah sosialisasi sedini mungkin, karena pelajar ini nantinya akan kuliah, akan jadi pengusaha, akan jadi pejabat yang juga akan menjadi pemimpin negeri ini.

"Maka dengan mengedukasi sedini mungkin calon pemimpin bangsa ini akan bahayanya Karhutla, kita berharap ke depannya, mungkin 15 atau 25 tahun mendatang mereka memahami akan bahaya Karhutla," pungkas Nurul Huda.***rls