TELUKKUANTAN – Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Toar, Kecamatan Gunungtoar, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, melaksanakan pelatihan membuat kebab kepada ibu-ibu di desa tersebut, Senin (1/8/2022) sore.

"Kami dari Tim Kukerta balek kampung mengajarkan ibu-ibu Desa Toar cara berwirausaha kebab yang bertujuan untuk menambah wawasan serta pengetahuan ibu-ibu rumah tangga desa toar dalam memulai usaha kebab," kata Andi Aprizal Maulana, Ketua Tim KKN Balek Kampong Desa Toar.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Unri mengajarkan para ibu-ibu dalam membiat kebab yang lezat. Dimulai dari bahan yang digunakan sampai pada penyajiannya.

"Kita ajarkan ibu-ibu sampai bisa. Kemudian, mereka mencoba kebab yang sudah dibuat tersebut," ujar Andi.

Kegiatan pelatihan berwirausaha kebab yang ditujukan kepada kelompok ibu-ibu rumah tangga Desa Toar ini merupakan salah satu kegiatan KKN balek kampung. Dari sini, diharapkan akan muncul usaha home industri.

"Dengan adanya pelatihan berwirausaha kebab yang ditujukan kepada kelompok ibu-ibu rumah tangga ini dapat membuka inspirasi baru para ibu-ibu untuk memulai usaha baru yakni usaha kebab. Targetnya, mampu mendongkrak perekonomian keluarga dari jualan kebabnya," tutup Andi.

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam Tim KKN balek kampung di Desa Toar yang berjumlah 10 orang yakni Andi Aprizal Mualana (Teknik Mesin), Ade Desma Safitri (Akuntansi), Ahcmad Dadang Hidayah (Teknik Mesin), Azlan Ramadhan (Ilmu Pemerintahan), Citra Intan Sari (Pendidikan Matematika), Ilham Vikri (Teknologi Hasil Pertanian), Nurazizah (Pendidikan Bahasa Jepang), Risma Yanti (Pendidikan Matematika), Sherly Indah Permata (Pendidikan Bahasa Jepang), Suri Yulan Purba (Matematika). Mereka semua dibawah bimbingan Dosen Dr. Novita Indrawati.***