JAKARTA - "Ayo pukul dan jangan sampai kasih lawan memukul. Trus bergerak Andika." Teriakan itu keluar dari mulut seorang wanita yang menyaksikan Andikan "D' Golden Boy" Sabu saat sparring partner di Navaz Boxing Camp Sunter Jakarta Utara, Kamis, 8 Agustus 2019.

Ternyata itu tidak asing lagi di dunia tinju profesional Indonesia. Namanya Lineke Lolowong, promotor tinju wanita yang pernah mengorbitkan Adrianus Taroreh menjadi juara kelas ringan OPBF itu terus berdiri di samping ring hingga sparring partner itu selesai.

"Saya memang tidak bisa lepas dan tinju. Saat ini, saya mendampingi Andika Sabu atas permintaan pak Zaenal Thayeb yang merupakan sahabat sekaligus pemilik Mirah Boxing Camp Bali," kata Linke Lolowang.

Dunia tinju profesional Indonesia, kata Lineke, memang lagi lesu karna tidak banyak promotor yang menggelar pertandingan seperti saat dirinya menjadi promotor. "Kita masih beruntung masih ada Martin Daniel yang mau menggelar pertandingan secara rutin sehingga dunia tinju profesional mulai marak lagi. Harusnya ada orang-orang sepertinya," ujarnya.

Peran Martin Daniel dalam membangkitkan dunia tinju profesional, kata Lineke, patut diberikan penghargaan. Apalagi, Martin Daniel sudah melahirkan beberapa petinju yang menyandang gelar juara WBA Asia. "Andika termasuk petinju yang diorbitkan promotor Martin Daniel menjadi juara WBA Asia," jelasnya. ***