PEKANBARU, GORIAU.COM - Angriwan, seorang atlet angkat berat andalan Riau berhasil memecahkan rekor nasional dari 145 oleh Anto Boy (Sumut) sebelumnya menjadi 153 kilogram segaligus menyumbangkan emas lewat kelas 75 kg putra pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2012 di Pekanbaru, Kamis (11/10/2012).

''Sangat senang banget karena tidak cuma emas, tapi juga memecahkan rekor nesional,'' kata Angriwan usai pengalungan medali di arena pertandingan yang berlokasi di Hotel Mayang Garden, Pekanbaru, Kamis.

Angriwan berhasil mengalahkan dua lawan berat berat, masing-masing Ahmad atlet asal Kalimantan Barat dengan angkatan terbaik 133 kg dan Amang Dores atlet Sulawesi Selatan yang hanya mampu mengangkat beban 125 kg.

Ahmad harus puas meraih medali perak, sementara Amang mendapatkan perunggu. Sementara tiga atlet lainnya yang turut berlaga dikelas yang sama, yakni Sulastiono dari Kalimantan Timur, serta Ruben dari Papua dan Sahril Kiman dari Maluku Utara tidak mampu memberikan yang terbaik bagi daerahnya masing-masing hingga harus pulang dengan tanpa medali. Dengan demikian, untuk tuan rumah, Riau, telah berhasil mengumpulkan dua emas, dua perak dan dua perunggu.

Pelatih Angkat Berat Sumut, H Suhardi P sebelumnya menyatakan pihaknya menaruh target empat emas namun masih teralisasi dua emas. ''Sekarang hanya tertinggal dua kelas, yakni 82 kg atas nama atlet Tambi Sibarani dan Rustam. Ada dua atlet. Sementara di 100 kg plus atas nama Abdul Rahman,'' katanya.

Untuk perebutan medali emas, perak dan perunggu, kata dia masih ada kesempatan. "Namun membutuhkan perjuangan keras. Mudah-mudahan tercapai," katanya. (nti/rsc)