JAKARTA - Ada positif dan juga negatif. Dua perbedaan itu benar-benar dirasakan penggawa Satria Muda Pertamina Jakarta, Laurentius Steven Oei selama menjalani Indonesia Basketball League (IBL) 2021. 

IBL 2021 berlangsung dalam dua fase. Fase pertama berjalan dengan sistem gelembung penuh selama 32 hari di Robinson Resort, Cisarua, Jawa Barat. 

Di sana para pemain dan ofisial tak bisa berinteraksi dengan orang di luar gelembung. Rasa kangen sempat menghinggapi Laurent.

“Ini beda sekali. Kami di bubble satu tidak ada penonton. Lalu, yang terasa itu selesai penyisihan, tidak bisa bertemu keluarga, terasa sekali rindunya,” ujar Laurent panggilan akrab Laurentius Steven Oei. 

Namun, ada sisi lain yang dirasakan Laurent sepanjang IBL Pertamax 2021. Dengan adanya sistem gelembung, Laurent merasa chemistry lebih terbentuk.

“Bagusnya bisa lebih mengenal satu sama lain. Chemistrynya sangat terbentuk musim ini,” ujar Laurent yang berposisi centre.

Pengorbanan Laurent dan seluruh penggawa Satria Muda Pertamina Jakarta pada akhirnya berbuah manis. Satria Muda Pertamina Jakarta mengakhiri IBL 2021 dengan status juara setelah mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta di final.