PANGKALAN KERINCI – Bupati Pelalawan H Zukri sampaikan berbagai program unggulan yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan arahan usai melantik Kepala Desa (Kades) Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Rabu (9/11/2022).

Nanang Helmanto, adalah Kades Lalang Kabung yang dilantik. Nanang resmi menyandang sebagai Pejabat Antar Waktu (PAW) Kades Lalang Kabung, pada sisa masa jabatan periode 2018-2024.

Aplikasi Klik Pelalawan, salah satu diantara program yang dicanangkan oleh Pemda Pelalawan. Aplikasi Klik Pelalawan merupakan adalah bekal untuk menuju kabupaten pintar.

GoRiau

"Pada aplikasi Klik Pelalawan, masyarakat sudah bisa melaporkan berbagai persoalan apa saja di Kabupaten Pelalawan," ungkapnya.

Misalnya, kata Bupati Zukri untuk mengetahui kerja dari Dinas PUPR, masyarakat hanya cukup dengan memfoto terkait jalan rusak, lantas klik lapor.

Ataupun misalnya, lapor mengurus KTP, mengurus KK tak selesai-selesai, ataupun Kades tak pernah masuk kantor. Laporkan di klik Pelalawan lantaran kita inginkan, pelayanan.

"Yang pasti menyangkut pelayanan pemerintah laporkan saja di aplikasi Klik Pelalawan," ujar Bupati Zukri.

Pada kesempatan itu ia meminta kepada kepala Puskesmas untuk memastikan bahwa bidan-bidan desa bekerja.

"Lansia-lansia, itu tolong dipastikan bahwa sekali dalam satu bulan, yang namanya, janda-janda tua wajib dikunjungi oleh bidan desa," pesannya.

Ini kata Bupati Zukri, adalah juga program yang dicanangkan oleh Pemda Pelalawan. Untuk itu ia berharap kepada para kepala desa atau pendamping siaga desa untuk senantiasa selalu melakukan pemantauan.

"Artinya, orang-orang tua, lansia-lansia bidannya, betul-betul dikunjungi orang tua ini, minimal cek tensi. Dimana orang-orang tua dikunjungi dan dikasih senyuman sudah senang dia ini," tuturnya.

Program selanjutnya kata Bupati Zukri adalah bantuan untuk para anak-anak yatim di kabupaten dan program ini sudah berjalan.

"Dimana para anak-anak yatim ini setiap bulan mendapat bantuan dari pemerintah, termasuk janda tua, termasuk gharim masjid. Tinggal lagi orang-orang miskin," ungkapnya.

Selain itu banyak program baru yang dicanangkan Pemda Pelalawan. Seperti Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) jika ada orang-orang miskin yang ingin berkebun kelapa sawit akan tetapi tidak memiliki modal, maka Pemda siap membantu mulai dari membuka lahan dan bibit gratis.

"Jika dia orang miskin mulai dari alat hingga bantuan bibit digratiskan oleh pemerintah daerah. Jika yang mampu alatnya bisa dibantu tapi bibit tidak. Paling bibit beli dengan harga murah," tegasnya.

Selain itu papar Bupati Zukri, saat ini masyarakat Pelalawan berobat cukup menunjukkan KTP lalu BPJSnya, aktif dan dibayar oleh pemerintah daerah.

Hadir mendampingi bupati Zukri saat pelantikan Kades ini, diantaranya, Kadis PMD Novri Wahyudi, Kadis PUPR Joko Sutriadi, Kadissos, dr. Erwin Rommel, Kadiskes Asril, M.Kes, Kadisbunnak Akhtar, Kasat Pol dan Damkar Tengku Junaidi, Camat Pelalawan Joko dan Kapolsek Pelalawan, Legito termasuk perwakilan PT RAPP Mabrur, Mabrur.

Turut serta menghadiri pelantikan Kades Lalang Kabung ini, anggota DPRD Pelalawan Daerah Pemilihan II, diantaranya, Indra Mansyur, Indra Kampe dan juga mantan anggota DPRD Pelalawan Tengku Khairil.***