BINH DOUNG - Langkah awal yang bagus direngkuh Tim Nasional Indonesia U-18. Dalam laga perdana Grup A Turnamen Sepakbola Piala AFF U 18 2019 yang digelar di Stadion Binh Duong 2, Vietnam, Selasa, 6 Agustus 2019, Skuat Merah Putih membantai Filipina dengan skor 7-1.

Meski tampil di lapangan yang kondisinya kurang bagus, tapi David Maulana dan kawan-kawan mampu menunjukkan kemampuan maksimal. Ketujuh gol Indonesia masing-masing dicetak Sutan Diego Zico, Amiruddin Bagus (2 gol) , Muhammad Fajar, David Maulana, Muhammad Supriadi (2 gol).

"Saya apresiasi perjuangan anak-anak di lapangan. Setelah sehari sebelumnya mereka menunjukkan gestur tak nyaman melihat kondisi lapangan. Tapi, mereka menunjukkan semangat bertarung tanpa henti. Terutama gol cepat tadi. Itu terjadi melalui skema permainan yang apik," kata pelatih Timnas U 18 Indonesia, Fakhri Husaini usai pertandingan.

"Ini modal yang sangat bagus untuk kami. Main di pertandingan pertama dengan selisih gol yang banyak. Dan, ini akan sangat membantu kami dalam mengarungi turnamen," tambahnya.

Menurut Fakhri, babak kedua memang ada sedikit pergantian pemain hal ini bertujuan untuk menyiasati kebugaran pemain dalam menghadapi jadwan yang cukup padat. "Kita tetap melakukan evaluasi terutama penyebab kebobolan satu gol. Harusnya itu tidak terjadi kalau mereka tetap fokus dan konsentrasi di sepanjang pertandingan," ujarnya.Secara terpisah, David Maulana bersyukur bisa mencetak gol untruk kemenangan perdana yang diraih Timnas U 18 Indonesia. "Alhamdulillah..saya bisa cetak gol. Itu naluri saja. Sebab, saya melihat ruang kosong, dan itu saya manfaatkan," ujarnya.

Sama halnya dengan Fakhri, David Maulana juga meneyebut kemenangan pada laga perdana ini bisa dijadikan modal untuk menghadapi laga berikutnya. "Ini menjadi modal kami untuk bisa terus bermain bagus. Dan, kami ingin menikmati setiap pertandingan dan meraih juara," tandasnya. ***