BOGOR - Di tengah persiapan menuju gelaran SEA Games 2019, Timnas Putri Indonesia akan menjalani laga penting bertajuk FIFA A Match. Sri Lanka akan menjadi tim lawan skuat Garuda Pertiwi, pada laga yang akan dipertandingkan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/11/2019) malam.

Sebelum menghadapi Sri Lanka pada Sabtu(16/11) malam, skuat Timnas Putri pun telah melakukan uji tanding bersama dengan Sri Lanka yang digelar secara tertutup, dua hari jelang laga FIFA A Match yakni pada Kamis (14/11) petang. Pelatih Kepala Timnas Putri, Rully Nere pun menurunkan pemain lapis kedua di babak pertama, pada uji tanding yang berlangsung selama dua kali tiga puluh menit ini. Keputusan ini diambil, mengingat adanya beberapa pemain inti yang justru harus disimpan terlebih dahulu sebelum laga sesungguhnya berlangsung pada Sabtu nanti.

“Terdapat enam pemain yang kini sedang mengalami cedera. Di laga uji tanding ini, kami tim pelatih mencoba beberapa pemain untuk dimainkan, karena hingga saat ini kami masih mengubah komposisi pemain inti. Ada beberapa pemain yang cedera, termasuk Zahra Muzdalifah dan Ria Ristiani. Dua pilar yang penting di tim. Jadi uji tanding ini tentu mencoba beberapa pemain yang memang belum mendapat pengalaman menghadapi pemain luar” ungkap Rully

Di laga uji tanding ini memang Timnas meraih hasil positif dengan melesakkan tiga gol tanpa balas selama jalannya laga. Namun, Rully tak menganggap ini menjadi hasil akhir, mengingat adanya kemungkinan lain yang bisa terjadi pada hari pertandingan nanti. “Bisa jadi Timnas Sri Lanka masih kelelahan pasca tiba di Indonesia dan belum bermain maksimal dan mereka kalah hari ini. Namun, dari sisi pola permainan Sri Lanka hampir sama dengan tim Indonesia, cuma bedanya kami persiapannya lebih panjang dibandingkan mereka” ungkap Pelatih Kepala Timnas Putri Rully Nere, yang mengaku baru pertama kali menghadapi Timnas Sri Lanka di segala level kompetisi sepakbola putri.

Dengan hasil di laga uji tanding petang ini, Rully berharap akan ada hasil positif yang diraih pada lga sesungguhnya nanti, mengingat pentingnya hasil pertandingan ini demi mendongkrak peringkat Timnas Putri Indonesia. “Untuk tanggal 16 kami akan akan turun dengan kekuatan penuh, full team, mengingat target kami untuk meningkatkan peringkat. Hari ini kami sudah sempat uji coba dengan berlatih tanding dengan Sri Lanka, kami sudah tahu permainannya, tinggal menajamkan strategi, mengingat pemain yang kami turunkan hari ini bukan sepenuhnya pemain inti” tutupnya

Berdasarkan peringkat yang tertera dalam halaman resmi FIFA tentang peringkat Timnas Putri per 16 Oktober 2019, Indonesia kini menempati peringkat 93, sementara sang lawan Sri Lanka berada diurutan 138. Timnas Putri Indonesia akan menjamu Sri Lanka pada laga bertajuk FIFA A Match pada Sabtu (16/11/2019) pada pukul 20.00 WIB malam di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, tepat setelah laga kontra Indonesia U23 kontra Islamic Republic of Iran U23 pada Sabtu (16/11) petang.